Pulau Menjangan Bali, Pulau Kecil Dengan Keindahan yang Tersembunyi

Pulau Menjangan Bali merupakan pulau kecil di wilayah Bali barat. Seperti namanya, pulau kecil ini hanya dihuni oleh rusa atau menjangan dan tidak dihuni oleh manusia. Oleh sebab itu, Pulau Menjangan masuk kawasan Taman Nasional Bali Barat. Wilayah ini termasuk sepi dan tersembunyi dan hanya dapat diakses melalui jalur laut saja.

Letak geografis Pulau Menjangan yakni dikelilingi oleh batuan vulkani dan batu karang serta luasnya hanya 6.000 hektar. Tanahnya cenderung tandus namun tetap terdapat tanaman dan pohon hijau. Suasana tersebut memberikan kenyamanan bagi mata para wisatawan.

Pulau Menjangan Bali

Daya Tarik Pulau Menjangan Bali

Selain sebagai lokasi habitat menjangan atau rusa, Pulau Menjangan memiliki terumbu karang yang terjaga baik sehingga coock untuk diving. Pulau Menjangan masuk sebgai spot diving terbaik di Pulau Bali. Batu karang yang perawan serta perairan yang jernih dan ombak yang kecil menjadikan Pulau Menjangan sebagai spot diving ideal.

Panorama laut yang spektakuler dilengkapi dengan terumbu karang warna-warni, palung lautnya yang indah serta ikan-ikan yang berenang kesana-kemari. Jika Anda tak ingin menyelam, Anda dapat melakukan olahraga air seperti berenang atau hanya snorkeling.

Menjangan atau rusa merupakan hewan yang dilindungi sebab hewan ini sering diburu, sehingga Pulau Menjangan juga berperan sebagai tempat perlindungan dan berkembang biak bagi menjangan. Selain itu, di Pulau Menjangan juga terdapat polisi hutan dan perawat binatang yang bertugas menjaga dan mengecek kesehatan menjangan agar dapat berproduksi dan berkemang biak dengan baik.

Pulau Menjangan Bali

Bagi wisatawan, Pulau Menjangan Bali merupakan onjek wisata, namun bagi penduduk sekitar Pulau Menjangan merupakan tempat untuk bersembahyang. Di Pulau Menjangan sedikitnya terdapat 7 pura yang berdiri hampir berdekatan. Pada hari-hari suci, warga beragama hindu akan datang berkunjung ke Pulau Menjangan untuk melakukan sembahyang.

Karena lokasinya merupakan tempat suci umat hindu, Anda wajib menjaga sikap dan perilaku yang bertentangan dengan norma agama dan berpakaian sopan.

Pulau Menjangan Bali
via journesia

Lokasi Pulau Menjangan Bali

Pulau Menjangan berada di bagian Bali barat. Tepatnya berada di wilayah Desa Sumber Kelampok, Kec. Gerokgak, Kab. Buleleng, Bali. Anda yang berencana berkunjung dapat menyewa perahu atau speed boat dari Labuhan Lalang atau dermaga Banyuwedang (arah ke Mimpi Resort). Anda yang datang dari pusat Kota Singaraja cukup jauh yakni sekitar 67 km, sedangkan dari Pelabuhan Gilimanuk sekitar 20 km. Ternyata lebih dekat jika Anda menginap di Pulau Jawa.

Pulau Menjangan Bali dapat menjadi alternatif pilihan wisata jika Anda menginginkan liburan dengan lokasi yang sepi dan tenang. Anda akan jauh dari keramaian sehingga Anda dapat melepas kejenuhan dan penatnya kegitan sehari-hari. Pulau Menjangan dapat Anda kunjungi sendirian ataupun berkelompok.

Berada di tempat asing dan tak berpenhuni memiliki sensasi yang berbeda. Anda juga dapat mendirikan tenda dan menikmati sunrise di Pulau Menjangan. Tak lupa siapkan perbekalan Anda sebab Pulau Menjangan tak memiliki fasilitas memadai. Dan jika Anda bernat bermalam dengan tenda, siapkan juga penerangan namun jika Anda bermalam bersamaan ketika hari suci maka tak perlu membawa penerangan sebab penduduk yang akan sembahyang memakai penerangan di Pulau Menjangan ini.