Empat Oleh-Oleh Khas Pacitan Wajib Dibawa Pulang

Langsung pulang setelah berkunjung dan menikmati keindahan alam di Pacitan rasanya kurang afdhol. Terlebih ada banyak pilihan oleh-oleh khas Pacitan yang bisa dibawa pulang. Bisa dijadikan buah tangan untuk saudara, tetangga ataupun teman.

Kalau bingung dengan oleh-oleh khas yang bisa diperoleh di Pacitan apa saja, berikut ini empat jenis oleh-oleh yang Reresepan rekomendasikan.

Oleh-Oleh Khas Pacitan

Jenang Dodol Pacitan

oleh-oleh khas pacitan
jenang dodol pacitan

Bentuk jenang dodol Pacitan ini kecil namun kenyal, manis, dan bertaburkan wijen sebagai pelengkapnya. Rasa manisnya cukup nikmat kala menyentuh dinding rongga mulut. Rasa yang begitu manis dan wangi, menjadikan jenang dodol Pacitan ini sebagai kuliner unggulan di Pacitan. Jenang dodol Pacitan banyak ditemui di beberapa toko oleh-oleh khas Pacitan. Oleh-oleh khas dari Pacitan ini dijual dengan berbagai pilihan harga.

Makanan yang satu ini dibuat dari bahan baku tepung beras ketan, gula, dan santan. Jenang dodol Pacitan ini juga dikenal sebagai kuliner yang awet dan tahan lama. Selain itu, vanili dan wijen ditambahkan sebagai bahan baku tambahan untuk mendapatkan rasa yang khas. Jenang dodol Pacitan dibanderol dengan harga Rp22.000 per kg.

Tahu Tuna Pacitan

Oleh-oleh khas Pacitan
Tahu Tuna Pacitan

Ikon oleh-oleh Kota 1001 Goa ini sudah dikenal dengan kekhasan cita rasanya. Tidak heran rasanya bila tahu tuna Pacitan merupakan item yang wajib masuk keranjang saat belanja buah tangan. Harga tahu tuna Pacitan dibanderol murah yakni Rp 7 ribu per pack. Sementara produk olahan ikan lainnya seperti otak-otak tuna dan bakso tuna harganya Rp 6 ribu per bungkus.

Sale Pisang Pacitan

oleh-oleh khas Pacitan
Sale pisang Pacitan

Sale pisang adalah salah satu makanan khas Pacitan selain nasi tiwul dan ikan kalakan. Terbuat dari pisang manis yang dikeringkan secara alami, serta dimasak tanpa bahan pengawet, sale pisang ini mampu bertahan dalam waktu beberapa bulan.

Dengan kemasan yang unik dan menarik, sale pisang Pacitan bisa Anda temui dalam berbagai bentuk, baik kemasan biasa dalam ukuran sedang, berbentuk anggur yang berwarna-warni serta lembaran-lembaran besar, atau bentuk cumi–cumi.

Rengginang

Oleh-oleh khas Pacitan
rengginang Pacitan

Rengginang adalah salah satu camilan yang bisa dijadikan pilihan oleh-oleh khas Pacitan. Bentuknya seperti kerupuk namun tebal yang terbuat dari nasi atau beras ketan yang dikeringkan dengan dijemur di bawah terik matahari lalu kemudian digoreng dalam minyak goreng panas dalam jumlah banyak.