Masjid Cheng Hoo Surabaya, Berdesain Khas Tionghoa yang Unik dan Mirip Kelenteng

Kalau berkunjung ke Kota Pahlawan, jangan lupa untuk menyempatkan ke Masjid Cheng Hoo Surabaya. Masjid ini memiliki penampilan yang sangat unik, apalagi dibandingkan dengan masjid lain yang ada di Kota Surabaya. Masjid ini memiliki penampilan layaknya sebuah kelenteng, didesain dengan menggunakan desain arsitektur Tionghoa.

Masjid Cheng Hoo Surabaya ini memiliki ciri khas penggunaan warna merah dan kuning yang mendominasi. Oleh karena itu, sekilas penampilan masjid ini pun tidak jauh berbeda dengan sebuah kelenteng. Namun, masjid ini punya perbedaan karena mengalami percampuran dengan desain arsitektur khas Jawa Timur dan Timur Tengah.

Masjid Cheng Hoo Surabaya
via rooang

baca juga: Menghabiskan Waktu Liburan Seru di Kebun Binatang Surabaya

Masjid ini memiliki usia yang cukup muda, pembangunannya dimulai pada 15 Oktober 2001 dan selesai pada tanggal 13 Oktober 2002. Masjid yang punya nama resmi Masjid Muhammad Cheng Hoo ini punya luas mencapai 11×9 meter persegi. Masjid ini memiliki kapasitas yang tidak terlalu besar, hanya sebanyak 200 jamaah.

Pembangunan masjid ini memperoleh pengaruh yang sangat tinggi dari Masjid Niu Jie yang ada di negara Cina. Hal itu bisa terlihat pada bagian atap utama, puncak, serta mahkota masjid. Sementara itu, bagian pintu utama mengambil unsur budaya Timur Tengah. Selain itu, susunan bata pada dinding masjid dibuat berdasarkan desain khas Jawa.

Masjid Cheng Hoo Surabaya
via Ayo ke Surabaya

baca juga: Klenteng Kwan Sing Bio Tuban, Kelenteng Terbesar Asia Tenggara di Jawa Timur

Penyematan nama Cheng Hoo pada masjid ini merupakan sebagai bentuk penghormatan kepada sosok Laksamana Cheng Hoo, seorang musafir dari negeri Cina yang beragama Islam. Di bagian utara masjid pun terdapat relief wajah Cheng Hoo dan kerap menjadi lokasi berfoto para wisatawan. Para pengunjung Masjid Cheng Hoo Surabaya ini pun brasal dari berbagai wilayah, baik dari Jawa Timur atau provinsi lain.

Cara Menuju Lokasi Masjid Cheng Hoo Surabaya

Masjid Chenghoo Surabaya ini terletak di Jalan Gading, yang masuk dalam wilayah Kecamatan Genteng, Surabaya. Aksesibilitas masjid ini sangat mudah, berjarak sekitar 1 km dari Kantor Balaikota Surabaya. Selain itu, keberadaannya juga berdekatan dengan Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa.