Gardu Action Pantai Parangkusumo, Wisata Edukasi Kreatif Yogyakarta

Banyak tempat wisata asyik dan seru di Yogyakarta. Bukan hanya wisata alam, tapi juga tempat wisata yang menjadi bukti kreativitas masyarakat Yogyakarta. Gardu Action Pantai Parangkusumo menjadi satu di antaranya. Keberadaan tempat wisata ini langsung mendapat sambutan meriah dari para pencinta jalan-jalan di Indonesia.

Gardu Action Pantai Parangkusumo ini merupakan sebuah pajangan yang berada di sepanjang Pantai Parangkusumo. Menariknya, pajangan tersebut dibuat dengan menggunakan bahan-bahan yang tidak berguna. Mulai dari sampah plastik. Pendirian tempat wisata edukasi ini merupakan proses lebih lanjut dari pengadaan bank sampah yang digalang oleh para pemuda Yogyakarta.

Gardu Action Pantai Parangkusumo
Instagram photo by Tria Haidar

baca juga: Wisata Education Gondang Outbond (WEGO), Tempat Rekreasi Asyik di Lamongan

Gardu Action Pantai Parangkusumo Hasil Inisiatif Anak Muda

Menjadi tempat bersantai yang seru di pinggir Pantai Parangkusumo, Gardu Action ini merupakan wujud kecintaan para pemuda Yogyakarta terhadap alam di provinsi tersebut. Terlebih, mereka secara mandiri membuat tempat ini dengan bantuan dari para staf desa.

Gardu Action Pantai Parangkusumo
Instagram photo by Cherovhika Novita Sari

Fasilitas yang ada di sini cukup lengkap. Dan, seperti yang telah dijelaskan di atas, semua barang-barang yang ada di Gardu Action Pantai Parangkusumo dibuat dengan menggunakan bahan baku sampah. Mulai dari gazebo, rumah pohon, warung kopi, bangku tempat untuk bersantai, ataupun toilet.

Gardu Action Pantai Parangkusumo
Instagram photo by Sury Musu

baca juga: Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta, Wisata Mainstream yang Gak Bosenin

Gardu Action Pantai Parangkusumo Jadi Lokasi Foto Instagramable di Yogyakarta

Sebagai sebuah tempat wisata edukasi yang kreatif, tidak heran kalau tempat ini banyak dikunjungi wisatawan. Terutama adalah para anak muda yang berasal dari Yogyakarta dan sekitarnya. Alasannya sederhana, tempat ini menjadi lokasi yang instagramable.

Para pemuda Yogyakarta berhasil membuat sampah jadi tempat yang menarik di Gardu Action Pantai Parangkusumo. Mulai dari sampah botol plastik, ban bekas, botol minuman, dan lain-lain. Ditambah lagi, di sini juga tersedia lokasi sunset view yang keren loh!

Gardu Action Pantai Parangkusumo
Instagram photo by febriaji wisnu laksito •

baca juga: Watu Payung Panggang Gunungkidul, Pemandangan Sunrise di Sini WOW Banget!

Tiket Masuk Gardu Action Pantai Parangkusumo

Para pengunjung bisa dengan bebas masuk ke area Gardu Action dengan cuma-cuma alias gratis. Pihak pengelola Gardu Action tidak memberlakukan tiket masuk. Namun, para pengunjung tetap bisa memberikan donasi untuk pengembangan tempat ini menjadi lebih baik lagi.

Lokasi Gardu Action Pantai Parangkusumo

Gardu Action Pantai Parangkusumo ini terletak di kawasan Parangtritis, Kretek di Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Berkunjung ke sini menjadi momen di mana kita bisa belajar untuk menjaga alam dengan cara yang kreatif dan unik. Kalau bukan kita yang menjaga kelestarian alam, siapa lagi?