Curug Sikopel Banjarnegara, Air Terjun Keren untuk Lokasi Foto Selfie

Satu lagi obyek wisata di Banjarnegara yang harus dikunjungi yakni Curug Sikopel Banjarnegara. Curug atau air terjun yang memiliki ketinggian 70 meter ini memiliki pemandangan yang indah dan sangat eksotis.

Guyuran air yang sangat deras dari atas, menambah kesegaran dan kesejukan suasana. Pemandangan alamnya masih sangat alami, dengan hijaunya pepohonan yang tumbuh di lokasi Curug Sikopel menjadikan semakin ingin berlama-lama bermain air.

baca juga: Air Terjun Curug Pletuk, Pilihan Wisata Alam Terbaru di Banjarnegara

Curug Sikopel Banjarnegara
kredit foto: ratno_palasska

Curug ini merupakan obyek wisata yang baru dikembangkan oleh pemerintah setempat. Meskipun namanya baru terdengar, namun Curug Sikopel sudah menjadi favorit wisatawan untuk menghabiskan waktu liburan.

Tepat di bawah air terjun, terdapat kolam air yang berkedalaman 10 meter. Aktivitas yang dapat Anda lakukan yaitu berenang di kolam yang airnya dingin menyejukkan, ataupun berfoto-foto selfie dengan latar belakang air terjun.

baca juga: Pantai Kedung Celeng Malang, Pantai Tersembunyi yang kini Terkuak Keindahannya

Curug Sikopel Banjarnegara
Sumber gambar: Pesona Banjarnegara

Bahkan menurut mitos yang berkembang di masyarakat, air dari Curug Sikopel ini bisa membuat awet muda jika terkena badan atau muka (sambil berendam atau mandi). Dari cerita masyarakat, jika ingin hubungan dengan pasangan bisa langgeng dan awet, ketika mengunjungi Curug Sikopel ini harus datang bersama dengan pasangannya, karena dipercaya air dari air terjun ini membuat hubungan langgeng.

Legenda Curug Sikopel Banjarnegara

Ada legenda di masyarakat Banjanegara yang menyebutkan bahwa pada zaman dahulu seorang bupati paling kharismatik di Banjarnegara yakni R. Aria Soemitro Kolopaking sering berkunjung ke curug ini. Kunjungan ini untuk bersemedi di sebuah goa yang berada di balik air terjun untuk meminta petunjuk.

Dalam semedinya, beliau mendapatkan kopel kuda atau tali pengatur pada kuda. Dari sinilah sehingga nama Sikopel melekat pada curug yang legendaris  bagi masyarakat Banjarnegara ini.

Lokasi Curug Sikopel Banjarnegara

Curug Sikopel terletak di Desa Babadan, Kecamatan Pagentan, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Lokasinya berada di sebelah barat kantor Kecamatan Pagentan, berjarak sekitar 8 kilometer. Bila ditempuh dari obyek wisata Dieng, hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan.

Jalan yang dilalui berkelok-kelok karena merupakan kawasan pegunungan. Disepanjang perjalanan yang merupakan kawasan hutan dan perbukitan, Anda akan melihat pemandangan hijau pepohonan yang tumbuh subur.

Sesampai di pintu masuk Curug Sikopel Banjarnegara, Anda harus berjalan kaki terlebih dahulu sekitar 25 menit untuk menuju lokasi curug. Jika beruntung, Anda bahkan dapat menemui beberapa kera liar yang banyak berkeliaran di lahan pertanian rakyat ataupun di sekitaran hutan.

Tiket Masuk Curug Sikopel Banjarnegara

Biaya masuknya sangat terjangkau, hanya bertarif 2 ribu rupiah per orang. Dengan harga murah meriah tersebut Anda mendapatkan suguhan keindahan alam yang memukau dan sangat mempesona. Rasanya sangat tak sebanding antara harga yang dikenakan dengan indahnya alam yang disuguhkan. Oleh karenanya sangat sayang jika Anda melewatkan untuk berkunjung ke Curug Sikopel ini.