Wisata Rambut Monte Blitar, Foto yang Instagramable Abis Deh di Sini!

Rambut Monte Blitar saat ini menjadi tempat wisata yang banyak diburu oleh anak-anak muda Kabupaten Blitar dan sekitarnya. Alasannya sangat sederhana, tempat ini menyuguhkan pemandangan yang sangat cantik. Terlebih ketika menampilkan foto tempat ini di Intagram. Dijamin, bakal semakin menambah banyak jumlah follower.

Wisata Rambut Monte Blitar ini merupakan sebuah kolam yang di dalamnya terdapat ikan yang oleh masyarakat sekitar disebut ikan dewa. Ikan yang jumlahnya mencapai 100 ekor tersebut pun mempunyai bentuk yang unik. Mirip dengan perpaduan antara bentuk ikan lele dan hiu. Selain mempunyai sebutan ikan dewa, oleh masyarakat sekitar menyebutnya dengan nama ikan sengkaring.

Sejarah Rambut Monte Blitar

Air telaga yang bening berwarna hijau kebiru-biruan pun membuat tempat ini sangat menarik dan banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik. Warna hijau kebiru-biruan pada telaga ini pun mempunyai cerita tersendiri. Berhubungan dekat dengan kehidupan seorang yang oleh masyarakat sekitar disebut dengan nama Mbah Monte.

ikan dewa di telaga Rambut Monte Blitar via
ikan dewa di telaga Rambut Monte Blitar via [email protected]

Mbah Monte, konon tidak mempunyai anak dan merupakan seorang yang sakti. Dia pun memiliki dua orang murid yang ternyata menyalahgunakan ilmu warisan darinya. Alhasil, Mbah Monte pun kemudian marah dan membakar pohon yang ada di sekitar telaga. Pohon-pohon itu, konon menurut cerita ini berubah menjadi ikan dewa. Sedangkan nasib kedua murid Mbah Monte berubah menjadi dua mata air yang ada di lokasi telaga Rambut Monte ini.

baca juga: Air Terjun Tirto Galuh Blitar, Pemandangannya Fantastis!

Mitos Rambut Monte

Pemandangan Rambut Monte Blitar
Pemandangan Rambut Monte Blitar via berenang_di_ayodolan

Masyarakat sekitar juga mempunyai mitos tersendiri terkait keberadaan telaga Rambut Monte Blitar. Menurut juru kunci Rambut Monte, jumlah ikan dewa yang tinggal di telaga ini tidak pernah mengalami perubahan. Tidak pernah berkurang ataupun bertambah. Masyarakat pun tidak boleh menangkap apalagi memakan ikan dewa. Selain itu, tidak ada orang yang berani mengotori telaga ini. Bakal terkena malapetaka kalau dilanggar.

baca juga: Kedung Entong Blitar, Air Terjun Tersembunyi yang tak Semua Orang Tahu

Lokasi Rambut Monte Blitar

Rambut Monte Blitar ini merupakan tempat wisata bersejarah yang juga termasuk sebuah cagar budaya di Blitar. Lokasinya berada di lereng Gunung Kawi di Desa Krisik, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar. Tempat ini berjarak kurang lebih 60 menit perjalanan menggunakan sepeda motor dari pusat kota Blitar.

Rute menuju Rambut Monte Blitar

Bagi traveler yang ingin menyaksikan keindahan tempat ini, cukup mudah. Rute yang dilewati untuk menuju ke sana cukup mudah. Kalau berangkat dari Malang, bisa melalui rute Garum – Talun – Wilingi. Sesampainya di Wlingi, perjalanan bisa diteruskan menuju ke Desa Semen – Tulungrejo – Krisik.