Pantai Drini Wonosari, Pantai Indah yang Unik di Gunung Kidul

Kawasan Gunung Kidul di Yogyakarta memang terkenal mempunyai deretan pantai indah. Salah satu di antaranya adalah Pantai Drini Wonosari. Tempat ini dikenal memiliki struktur yang unik, terutama keberadaan pulau kecil yang berada tidak jauh dari pinggir pantai.

Keberadaan pulau kecil itu pun memperlihatkan keunikan sekaligus keindahan Pantai Drini Wonosari. Bahkan Pantai Drini mempunyai ‘kepribadian ganda’. Di sisi timur, terdapat deretan batu karang besar yang berfungsi sebagai pemecah ombak alami. Sementara di sisi lainnya, terkenal memiliki ombak yang besar dan ganas.

baca juga: Pantai Watu Lumbung, Wisata Pantai Gunung Kidul yang Mengagumkan

Sisi timur Pantai Drini Wonosari pun cocok untuk dijadikan sebagai lokasi berenang oleh para wisatawan. Sementara itu bagian barat Pantai Drini menjadi tempat para nelayan mencari ikan. Pada saat berkunjung ke sana, para wisatawan pun akan bisa menyaksikan keberadaan para nelayan yang tengah menebar jaring ke lautan.

Suasana yang terus membuat kangen para pengunjung Pantai Drini Wonosari
Suasana yang terus membuat kangen para pengunjung Pantai Drini Wonosari via Indonesiawow

Selain itu, para pengunjung yang datang ke Pantai Drini juga bisa bersantai di gazebo bersama dengan teman ataupun saudara. Dari gazebo yang ada di pinggir pantai, traveler pun akan disuguhkan dengan pemandangan matahari terbenam yang indah di Pantai Drini.

Lokasi Pantai Drini Gunung Kidul

Pantai Drini Wonosari ini berada di Desa Ngestirejo di Kecamatan Tanjungsari Gunung Kidul. Lokasi pantai ini tidak begitu jauh dari Pantai Baron. Selain itu, ada pula deretan pantai lain yang ada di sekitarnya seperti Pantai Krakal, Pantai Krukup, Pantai Sadranan dan lain-lain.

Pemandangan di Pantai Drini Wonosari via Indonesiawow
Pemandangan di Pantai Drini Wonosari via Indonesiawow

Rute Perjalanan ke Pantai Drini Wonosari

Bagi traveler yang ingin berkunjung ke Pantai Drini tidak terlalu sulit. Pantai ini berjarak kurang lebih 60 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Perjalanan menuju ke sana kurang lebih membutuhkan waktu selama 2 hingga 3 jam. Akan lebih mudah kalau datang ke tempat ini dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun sewa. Terutama karena tidak adanya angkutan umum yang melayani jalur menuju ke pantai ini.

baca juga: Pantai Ria Kenjeran, Pantai yang Kini Semakin Indah di Surabaya

Harga Tiket Masuk Pantai Drini

Untuk masuk ke area Pantai Drini, para traveler diwajibkan untuk membayar tiket masuk. Tidak terlalu mahal, dengan tarif per pengunjung sebesar Rp4.000,00.

Penginapan di Pantai Drini

Kalau ingin menikmati suasana pagi hari di Pantai Drini, para traveler juga bisa menginap lho di sekitar tempat ini. Ada cukup banyak penginapan yang bisa ditempati saat berkunjung ke sana.