Pesona Indah Pantai Delegan Gresik di Jawa Timur

Gresik, adalah sebuah kota di Jawa Timur yang terkenal dengan industrinya. Banyak pabrik-pabrik yang berdiri gagah di Gresik. Siapa yang tidak kenal dengan Semen Gresik yang merupakan merek semen kebanggaan warga Gresik itu. Tetapi tahukah Anda, selain terkenal dengan banyaknya pabrik di sana, ternyata terdapat juga wahana wisata yang menawan. Namanya adalah Pantai Delegan Gresik.

Di pantai ini, pengunjung bisa langsung menikmati keindahan laut dengan berjalan-jalan di sepanjang pantai atau duduk-duduk di balai-balai yang sudah disiapkan untuk pengunjung. Meskipun angin laut panas menerpa, tetapi tetap terasa sejuk karena banyak pohon rindang yang menaungi.

baca juga: Pulau Bawean Gresik, Surga di Tengah Kota Industri yang Panas

Selain berenang, pengunjung Pantai Delegan Gresik juga dapat menyewa perahu nelayan untuk berlayar ke tengah laut. Dengan tarif Rp10.000,00 per orang, Anda bisa menikmati asyiknya berlayar naik perahu ke tengah laut sekitar kurang lebih 30 menit.

Para pengunjung di Pantai Delegan Gresik
Para pengunjung di Pantai Delegan Gresik via Yukpiknik

Bagi yang takut air, apalagi takut naik perahu Anda masih bisa menyewa bebek kayuh yang hanya beroperasi disekitar pantai. Dan jangan khawatir, karena penjaga pantai akan selalu mengawasi, sehingga pengunjung akan terjaga keamanannya.

baca juga: Wisata Bahari Lamongan, Pilihan Liburan Keluarga Murah di Jatim

Untuk anak kecil yang tidak bisa berenang, ada juga penyewaan ban renang sehingga memungkinkan para orang tua untuk tetap mengawasi sambil bermain air bersama anak-anaknya. Lelah berenang, naik perahu, jalan-jalan di tepi pantai, dan bermain pasir tentu perut terasa lapar. Jangan khawatir, sudah banyak warung makanan yang berjejer. Ada es, bakso, makanan kecil, bahkan souvenir oleh-oleh.

Bisa menyewa ban pelampung di Pantai Delegan Gresik
Bisa menyewa ban pelampung di Pantai Delegan Gresik via sobatpetualang.com

Lokasi Pantai Delegan Gresik

Pantai ini terletak di wilayah barat Kabupaten Gresik, tepatnya di Kecamatan Panceng yang lokasinya berbatasan langsung dengan Kabupaten Lamongan. Pantai ini berjarak sekitar 40 km dari pusat Kota Gresik. Kalau dari Surabaya berjarak sekitar 50 kilometer.

Jalan Menuju Pantai Delegan Gresik

Perjalanan dapat ditempuh melalui jalur Pantura atau lewat jalan tol Surabaya – Gresik arah Manyar (arah WBL Lamongan). Rutenya tol Surabaya-Gresik arah Manyar, Bungah, Sidayu terus ke Panceng.

Setelah dari Sidayu dan melewati hutan jati Panceng ada papan penunjuk arah menunjukkan wisata Pantai Pasir Putih Dalegan. Dari jalan arteri masuk ke utara sekitar 1 km sudah sampai di lokasi wisata. Jangan khawatir, kondisi jalanan menuju ke lokasi Pantai Delegan Gresik sudah cukup bagus. Bahkan jalan desa menuju lokasi pantai sudah dalam kondisi teraspal.

Tiket Masuk Pantai Delegan Gresik

Untuk masuk ke lokasi wisata ini, pengunjung dikenakan tarif Rp6.000,00 per orang. Dan yang membawa kendaraan pribadi juga dikenakan uang parkir sepeda motor sebesar Rp2.500,00. Tempat ini buka mulai pukul 07.00 hingga pukul 17.00 WIB.