Pantai Buyutan, Satu Lagi Pesona Pantai Alami yang Indah di Pacitan

Kalau mencari pantai alami yang tersembunyi dan tak banyak diketahui di Jawa Timur, Pantai Buyutan Pacitan bisa jadi rujukan. Pantai ini merupakan sebuah pantai perawan yang terletak di pesisir selatan Pulau Jawa. Pemandangannya indah, dan masih sangat jarang wisatawan yang singgah ke pantai ini.

Pantai ini terkenal mempunyai struktur yang unik. Kondisinya yang masih alami juga membuat banyak pengunjung datang ramai-ramai ke tempat ini. Bahkan tak sedikit yang memilih untuk membawa perlengkapan tenda sehingga bisa sekalian menginap di tepi pantai. Terlebih ada sumber air tawar yang tersedia di tempat ini. Dan sejak tempat ini ramai dikunjungi wisatawan, sudah mulai berdiri beberapa warung makanan di pinggir pantai.

Pemandangan Pantai Buyutan Pacitan dilihat dari atas bukit
Pemandangan Pantai Buyutan Pacitan dilihat dari atas bukit

Lokasi Pantai Buyutan Pacitan

Pantai Buyutan Pacitan ini berlokasi di Desa Wedoro Kecamatan Donorojo, Pacitan. Untuk menuju ke tempat ini, para traveler harus menempuh perjalanan yang tidak terlalu berat. Terutama karena kondisi jalanan menuju ke Pantai Buyutan telah diaspal. Namun seperti halnya tempat wisata terpencil lain, akses transportasi umum tidak bisa dijumpai di tempat ini.

baca juga: 7 Tempat Wisata di Pacitan untuk Kamu Pecinta Pantai

Pasir pantai yang bersih dengan gulungan ombak cukup tinggi di Pantai Buyutan
Pasir pantai yang bersih dengan gulungan ombak cukup tinggi di Pantai Buyutan

Para traveler yang ingin berkunjung ke Pantai Buyutan terpaksa harus menggunakan kendaraan pribadi. Tak hanya itu, jalan yang dilalui selama perjalaan menuju Pantai Buyutan hanya bisa dilalui menggunakan kendaraan pribadi. Anda pun bisa memilih untuk membawa sepeda motor ataupun mobil.

Suasana di Pantai Buyutan Pacitan
Suasana di Pantai Buyutan Pacitan via info-pacitan.blogspot.co.id

Namun kalau datang ke tempat ini dengan menggunakan mobil, harus berhati-hati. Kondisi jalanan ke lokasi Pantai Buyutan tidak terlalu lebar. Jalan pun hanya bisa dilalui untuk satu kendaraan. Selain itu, kondisi jalanan juga berliku-liku. Para traveler yang tertarik untuk berkunjung ke tempat ini harus senantiasa waspada.

baca juga: Pantai Klayar Pacitan, Pantai dengan Pemandangan Fantastis dan Unik

Rute Menuju Pantai Buyutan Pacitan

Lokasi Pantai Buyutan Pacitan berjarak kurang lebih 270 kilometer dari kota Surabaya. Sementara dari kota Solo, jaraknya relatif jauh lebih dekat, hanya 100 kilometer. Dan rute yang ditempuh untuk menuju ke pantai ini juga tidak terlalu sulit. Para traveler bisa melalui rute perjalanan menuju ke Goa Gong Pacitan.

Sunset di Pantai Buyutan Pacitan
Sunset di Pantai Buyutan Pacitan via info-pacitan.blogspot.co.id

Bagi para traveler yang berangkat dari kota Solo, dapat melalui rute Solo – Sukoharjo – Wonogiri – Ngadirojo – Batu – Donorojo – Widoro. Sesampainya di desa Widoro, maka Anda pun tinggal bertanya langsung ke masyarakat sekitar. Terlebih sesampainya di Widoro, akan mulai dijumpai keberadaan petunjuk arah menuju Pantai Buyutan Pacitan.

Tiket Masuk Pantai Buyutan Pacitan

Untuk pengunjung yang datang ke tempat ini dengan membawa sepeda motor, akan dikenakan tarif sebesar Rp3.000,00. Sementara untuk wisatawan yang datang dengan kendaraa roda empat, baik mobil ataupun mini bus dikenakan biaya sebesar Rp4.000,00.