Wisata Negeri Atas Awan di Puncak Kebun Buah Mangunan Yogyakarta

Negeri di atas awan, itulah sebutan bagi Puncak Kebun Buah Mangunan Yogyakarta. Sekilas mungkin terdengar terlalu berlebihan dan hanya sebutan yang tak masuk akal. Namun ketika Anda benar-benar datang ke lokasi, baru Anda akan percaya bahwa “negeri di atas awan” itu memang nyata adanya.

Tak perlu waktu lama untuk mengeluarkan rasa kekaguman Anda di lokasi Puncak Kebun Buah Mangunan ini. Pasalnya, keindahan yang terpapar nyata di depan mata bukanlah rekayasa atau ilusi kamera semata.

Puncak Kebun Buah Mangunan Yogyakarta
by @stevanuzabry

baca juga: Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul, Wisata Alam Fenomenal di Yogyakarta

Puncak Kebun Buah Mangunan Yogyakarta tak hanya menawarkan sejuk serta dinginnya udara pegunungan. Lebih dari itu, ada pemandangan indah yang tak boleh dilewatkan oleh siapapun yang datang ke wisata alam ini.

Untuk mendapatkan keindahan yang sempurna itu, Anda harus benar-benar berjuang untuk dapat melihatnya. Karena momen indah ini terjadi hanya beberapa jam saja. Dan harus ketika cuaca sedang bagus dan mendukung. Jadi anggap saja ketika Anda berhasil melihat dan menikmati keindahan tersebut, berarti Anda sedang beruntung.

Puncak Kebun Buah Mangunan Yogyakarta
by Damas Prasetya

Waktu Terbaik Berkunjung ke Puncak Kebun Buah Mangunan Yogyakarta

Anda harus sudah berada di lokasi Puncak Kebun Buah Mangunan Yogyakarta pada pagi buta untuk dapat melihatnya secara sempurna. Pemandangan indah tersebut adalah hamparan kabut yang menutupi seluruh wilayah perbukitan serta lembah Sungai Oyo.

Pemandangan indah yang tertutup kabut ini bagaikan menginjak di atas gumpalan awan putih. Inilah yang menjadikan lokasi Puncak Kebun Buah Mangunan disebut Negeri di atas awan.

Puncak Kebun Buah Mangunan Yogyakarta
by Fauqa Rahmi Ramadhani

Berada di ketinggian 200 Mdpl, Puncak Kebun Buah Mangunan memang menjadi favorit pengunjung untuk mendapatkan momen kabut awan. Fenomena alam tersebut dapat disaksikan di sebuah gardu pandang yang sudah dipersiapkan oleh pengelola.

Tiket Masuk Kebun Buah Mangunan Yogyakarta

Jangan heran jika meskipun hari masih sangat pagi, sudah banyak orang yang datang. Tiket masuknya juga cukup murah yakni sebesar Rp 5.000 per orang. Tak hanya keindahan kabut awan yang bisa Anda saksikan, di Puncak Kebun Buah Mangunan Yogyakarta juga terdapat beberapa fasilitas seperti kolam renang dan kegiatan outbond.

baca juga: Air Terjun Luweng Sampang, Wisata ala Grand Canyon Mini di Gunungkidul Yogyakarta

Terdapat juga perkebunan buah dengan berbagai jenis tanaman buah seperti mangga, jeruk, durian, rambutan dan lainnya. Pengunjung tidak diperbolehkan memetik secara langsung. Tetapi jika ingin membeli diberikan harga yang sangat terjangkau.

Cara Menuju Lokasi Kebun Buah Mangunan Yogyakarta

Puncak Kebun Buah Mangunan berlokasi di Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, DIY. Dari Yogya hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan dengan kendaraan bermotor. Cukup arahkan kendaraan menuju arah Imogiri hingga sampai di Pasar Wonogiri sudah ada penunjuk arah ke lokasi Puncak Kebun Buah Mangunan.