Kebun Teh Karanganyar, Pilihan Wisata Murah di Solo

Ingin liburan gratis tapi tidak tahu mau kemana? Tidak perlu bingung dan bengong di rumah saja, Anda bisa kok jalan-jalan gratis ke Kebun Teh Karanganyar. Loh kok gratis? Iya dong karena setiap pengunjung ke Kebun Teh ini tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis-tisss dan Anda bisa sepuasnya menikmati keindahan alam dengan hamparan perkebunan teh sepanjang mata memandang.

Di tempat ini, para pengunjung pun bisa merasakan suasana yang sepi dan tenang, jauh dari keramaian dan hingar bingar kota. Tempat ini berada di ketinggian sekitar 900-1500 di atas permukaan laut, menjadikan Kebun Teh Karanganyar sebagai destinasi wisata yang wajib dikunjungi bersama keluarga. Karena ketinggiannya inilah, suhu udara disini cukup dingin dan sejuk sehingga membuat kita betah berlama-lama menikmati keindahan alamnya.

Suasana di Kebun Teh Karanganyar Solo via itnaijrun.wordpress.com
Suasana di Kebun Teh Karanganyar Solo

Mampir ke Rumah Teh Ndoro Donker

Para pengunjung juga bisa menyempatkan waktu untuk mampir sejenak ke Rumah Teh Ndoro Donker. Bertempat di Jalan Afdeling, Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Kedai sederhana yang hits dan cantik ini telah berdiri sejak tahun 1700an dan masih tetap eksis sampai sekarang. Disini Anda dapat menikmati beragam sajian teh asli Indonesia dan teh dari manca negara lainnya.

baca juga: Rumah Teh Ndoro Donker, Tempat Nongkrong Asik di Kaki Gunung Lawu

Hanya dengan harga Rp 6 ribu per cangkir atau Rp 15 ribu per teko, Anda sudah bisa menikmati hangatnya teh asli Indonesia. Ada pula makanan tradisional Indonesia yang tentunya sudah dikemas menarik dan modern sehingga menarik wisatawan untuk mencicipi. Harga makanan juga relatif terjangkau, hanya berkisar Rp 10 ribu sampai Rp 30 ribu, makanan asli Indonesia siap menggoyang lidah Anda. Rumah Teh Ndoro Dongker buka setiap hari pukul 10.00 – 18.00 WIB.

Lokasi Kebun Teh Karanganyar

Berlokasi di Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, tempat wisata ini seakan memanjakan mata pengunjung dengan keelokan panorama pegunungan. Terletak di 25 km Timur Laut kota Solo, atau sekitar 35 menit dari kota Solo. Kalau ke Solo, bisa menyempatkan sedikit waktu untuk singgah ke tempat ini.

Jika bepergian ke Kebun Teh Karanganyar, pastikan kendaraan yang Anda bawa dalam kondisi prima.  Terutama karena medan yang dilalui naik turun dan berkelok tajam, maka Anda perlu sangat berhati-hati dalam berkendara.

baca juga: Pantai Drini Wonosari, Pantai Indah yang Unik di Gunung Kidul

Penginapan di Kebun Teh Karanganyar

Jika ingin menginap, sudah banyak penginapan yang berada di sekitar lokasi Kebun Teh Karanganyar. Tentu akan sangat menyenangkan jika Anda bersama keluarga bisa menghabiskan waktu dengan menikmati segarnya embun dipagi hari, sejuknya angin diterik matahari dan indahnya sunset disore hari dengan berlatar belakang perkebunan teh yang membentang luas.

Karena keindahan alamnya, jangan lupa untuk mengabadikan momen Anda bersama keluarga di Kebun Teh Karanganyar dengan tidak merusak dan tetap menjaga kebersihan. Masih di Karanganyar, terdapat juga Candi Cetho, Candi Sukuh, Parang Ijo dan Air terjun Jumog yang tidak kalah cantiknya untuk dilewatkan.