Waduk Pacal Kedungsumber Bojonegoro, Wisata Alam Murah Meriah di Jawa Timur

Kota Bojonegoro di Jawa Timur memiliki banyak tempat wisata alami menarik. Waduk Pacal Kedungsumber Bojonegoro adalah salah satunya. Waduk ini merupakan sebuah bendungan tua peninggalan penjajah Belanda yang dibangun pada tahun 1933.

Waduk ini memiliki bentuk bangunan yang kokoh, buktinya mampu bertahan setelah puluhan tahun. Bahkan, keberadaannya kini menjadi kunci dan merupakan destinasi wisata populer di Kota Bojonegoro. Selain itu, waduk ini juga menjadi sarana irigasi masyarakat sekitar.

Waduk Pacal Kedungsumber Bojonegoro

Selain itu, warga sekitar juga menjadikan waduk ini sebagai pusat mata pencaharian. Tak jarang ada warga yang berkeliling naik perahu sambil membawa jaring. Mereka memang bekerja dengan cara menangkap ikan yang hidup di waduk ini.

Aktivitas Wisata di Waduk Pacal Kedungsumber Bojonegoro

Sementara itu, para wisatawan juga bisa mencoba berbagai aktivitas wisata di Waduk Pacal Kedungsumber Bojonegoro. Anda bisa berkeliling di pinggir waduk sembari berburu foto instagramable. Kalau bosan, bisa pula naik perahu dan menjelajahi area di dalam waduk.

Waduk Pacal Kedungsumber Bojonegoro

Secara khusus, aktivitas naik perahu memang jadi pilihan utama wisatawan yagn datang ke Waduk Pacal Kedungsumber Bojonegoro. Apalagi, perahu nelayan bisa disewa dengan harga murah meriah. Selain itu, ada semacam pulau kecil yang bisa jadi persinggahan wisatawan.

Oh ya, ada hal yang harus diperhatikan kalau ingin berkunjung ke wisata alam murah meriah di Jawa Timur ini. Usahakan untuk datang ketika musim penghujan. Alasan utamanya adalah, karena kondisi air yang penuh. Hal tersebut tidak akan dijumpai kalau melancong ke sini saat musim kemarau. Tak jarang air di waduk surut dan terlihat bagian dasarnya.

Cara Menuju Lokasi dan Tiket Masuk Waduk Pacal Kedungsumber Bojonegoro

Waduk ini berlokasi sekitar 35 km dari pusat Kota Bojonegoro, tepatnya di wilayah Desa Kedungsumber, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro. Untuk menuju ke Waduk Pacal Kedungsumber ini, Anda bisa melintasi jalur yang menghubungkan antara Kota Bojonegoro dengan Nganjuk.

Harga tiket masuk ke tempat wisata alami di Bojonegoro ini juga sangat murah. Pihak pengelola hanya mengenakan biaya masuk sebesar Rp5 ribu per orang. Murah, kan?