Waduk Bajulmati Banyuwangi, Wisata Miniatur Raja Ampat di Jawa Timur

Raja Ampat dikenal sebagai tempat wisata populer, tak hanya di Indonesia, tapi juga dunia. Sayangnya, biaya menuju ke sana sangat mahal, bahkan lebih mahal dibandingkan ketika traveling ke luar negeri. Sebagai alternatifnya, Anda bisa mencoba pengalaman pergi ke lokasi yang mirip dengan Raja Ampat, yakni Waduk Bajulmati Banyuwangi.

Waduk Bajulmati Banyuwangi ini merupakan sebuah waduk penampungan air yang baru saja didirikan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Peresmiannya pun baru dilakukan pada tahun 2016. Meski begitu, keberadaannya langsung menarik perhatian para pencinta jalan-jalan di Jawa Timur dan sekitarnya.

Waduk Bajulmati Banyuwangi

Alasan utama para wisatawan berkunjung ke sini adalah karena panoramanya yang sangat memukau. Bahkan, tak sedikit wisatawan yang menyebut Waduk Bajulmati Banyuwangi sebagai miniatur Raja Ampat. Sebutan itu disematkan karena waduk ini memiliki gundukan tanah di bagian tengah, yang terlihat seperti beberapa pulau kecil.

Tidak ketinggalan, ada pula lokasi berburu foto yang memperlihatkan penampilan seperti Raja Ampat, dengan latar belakang pulau-pulau kecil tersebut. Lokasi tersebut tepatnya berada tak jauh dari gazebo yang disediakan sebagai tempat bersantainya para wisatawan.

Fasilitas di Waduk Bajulmati Banyuwangi

Para wisatawan yang datang ke sini tidak hanya berkesempatan untuk berburu foto instagramable ala Raja Ampat. Ada pula aktivitas lain yang memberikan kenyamanan bagi para wisatawan, termasuk di antaranya adalah speed boat, beragam fasilitas outbond, ATV, serta tidak ketinggalan adalah kafe.

Waduk Bajulmati Banyuwangi

Keberadaan fasilitas-fasilitas tersebut memungkinkan para pengunjung memilih berbagai aktivitas. Anda bisa mencoba untuk bermain air bersama dengan teman atau keluarga. Tak ketinggalan, beragam menu juga tersedia kalau perut dalam kondisi lapar.

Cara Menuju Lokasi Waduk Bajulmati Banyuwangi

Untuk menuju lokasi miniatur Raja Ampat dari Jawa Timur ini juga tidak terlalu sulit. Waduk Bajulmati Banyuwangi terletak di Desa Watukebo di Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi. Posisinya tidak terlalu jauh dari Taman Nasional Baluran, agak berada di perbatasan dengan Kabupaten Situbondo.

Untuk ke sini, wisatawan bisa menggunakan kendaraan yang berasal dari Kota Banyuwangi menuju ke pintu masuk Taman Nasional Baluran. Selanjutnya, dari pintu masuk tersebut ada gapura yang menunjukkan jalan menuju waduk

Sebagai catatan, tempat ini bisa dimasuki secara gratis, buka dari pukul 8 pagi hingga pukul 4 sore. Hanya saja, sepeda motor dikenakan biaya parkir sebesar Rp5 ribu dan mobil Rp10 ribu.