Vihara Tay Kak Sie, Wisata Budaya Berkunjung ke Kelenteng Terbesar di Semarang

Vihara Tay Kak Sie Semarang menjadi destinasi menarik ketika berkunjung ke Ibu Kota Provinsi Jawa tengah. Apalagi, kelenteng ini menjadi salah satu representasi Kota Semarang sebagai sebuah kota multietnis. Mengingat, Kelenteng Tay Kak Sie dikenal sebagai kelenteng terbesar di kota ini.

Kelenteng ini merupakan kelenteng tua yang didirikan pada tahun 1771. Pada awal pendiriannya, Vihara Tay Kak Sie Semarang merupakan tempat ibadah yang secara khusus digunakan untuk pemujaan Kwan Sie Im Po Sat yang merupakan sosok Dewi Welas Asih.

Vihara Tay Kak Sie Semarang
via Wikipedia

Namun, kini kondisinya telah jauh berbeda. Kelenteng ini tidak hanya dipakai sebagai tempat untuk memuja Dewi Welas Asih. Bangunan bergaya Tiongkok ini juga dipakai sebagai tempat untuk memuja dewa serta dewi lainnya dalam kepercayaan Taoisme.

Sejarah Vihara Tay Kak Sie Semarang

Nama yang digunakan pada kelenteng ini sendiri tertulis secara gamblang pada bagian pintu masuk. Di situ, para pengunjung juga dapat melihat arti nama kelenteng ini, yakni Kuil Kesadaran Agung.

Pendirian kelenteng ini merupakan hasil prakarsa seorang saudagar Tionghoa bernama Khou Ping (XuPeng) yang mendirikan rumah pemujaan pada tahun 1724. Rumah pemujaan tersebut diberi nama Kwan ImTing.

Lama-lama, rumah pemujaan tersebut ramai oleh pengunjung, terutama ketika jatuh pada tanggal 1 dan 15 penanggalan Imlek. Namun, pada tahun 1753, tempat pemujaan ini dipindahkan karena terjadi konflik dengan penjudi.

Vihara Tay Kak Sie Semarang
via Indonesia Kaya

Selanjutnya, masyarakat Tionghoa setempat berinisiatif membangun kelenteng dengan ukuran yang lebih besar. Berdasarkan ilmu feng shui serta pimpinan Khouw Ping, didirikanlah Vihara Tay Kak Sie Semarang.

Patung-patung dewa yang ada di kelenteng ini pun didatangkan secara langsung dari negeri Tiongkok. Selain itu, patung serta abu dupa yang ada di Kwan Im Ting juga dipindahkan ke sini. Sebagai tambahan, di sinilah lokasi penayangan pertama wayang potehi di Semarang.

Lokasi Vihara Tay Kak Sie Semarang

Untuk menuju lokasi Vihara Tay Kak Sie Semarang, tidak sulit. Kelenteng ini berada di Gang Lombok yang dikenal sebagai kawasan pecinan, tepatnya di Gang Lombok nomor 62.

Untuk masuk ke kelenteng ini, wisatawan tidak dipungut biaya apapun. Hanya saja, Anda harus memperhatikan kesopanan, mengingat bangunan ini adalah sebuah rumah ibadah. Selain itu, pastikan kalau kedatangan tersebut tidak mengganggu pengunjung yang tengah beribadah.