Umbul Manten Klaten – Lokasi Foto Selfie Underwater yang Keren dan Penuh Mitos

Umbul Ponggok bukan satu-satunya tempat wisata keren di Klaten. Umbul Manten Klaten bisa menjadi lokasi berikutnya. Seperti halnya di Umbul Ponggok, tempat ini juga merupakan sebuah kolam yang menyediakan sarana berfoto selfie di dalam air. Air di sini pun tidak kalah jernih. Sebagai tambahan, kolam di sini memiliki kedalaman lebih dangkal dibandingkan Umbul Bongkok, jadi lebih aman untuk anak.

Kolam air Umbul Manten Klaten ini pun terbentuk secara alami. Bahkan, keberadaannya sudah ada sejak dulu. Selain memiliki kedalaman yang lebih dangkal dibandingkan Umbul Ponggok, Umbul Manten ini juga memiliki ukuran yang lebih kecil. Biasanya saat akhir pekan atau musim liburan, tempat ini pun bakal ramai oleh para pengunjung. Apalagi setelah popularitas tempat ini meluas berkat jejaring sosial.

Umbul Manten Klaten
by Terpercaya !!!

baca juga: Umbul Ponggok Klaten – Wisata Kekinian Foto Selfie Bawah Air yang Keren di Jawa Tengah

Saat berkunjung ke tempat ini, Anda jangan lupa menyiapkan berbagai peralatan yang ada. Mulai dari baju ganti, kamera tahan air, atau kalau mau juga menyiapkan pelampung. Selanjutnya, Anda pun bisa pose berbagai macam di sini. Aktivitas berfoto pun bakal lebih asyik karena Anda berfoto dan berenang bersama dengan ikan air tawar yang sengaja dipelihara oleh masyarakat sekitar.

Umbul Manten Klaten
by Musthio Gatot

Mitos Umbul Manten Klaten

Ada cerita menarik terkait Umbul Manten Klaten ini. Konon ada kisah misterius yang tersebar lewat mulut ke mulut berkaitan dengan asal mula nama Umbul Manten. Di masa lalu, ada pasangan pengantin yang keluar rumah setelah maghrib. Padahal, aturan dari kedua orang tuanya tidak memperbolehka. Baru boleh keluar ba’da maghrib setelah lewat 40 hari.

Umbul Manten Klaten
by Iwan Sanjaya

baca juga: Kafe Bong Kopitown Yogjakarta, Sensasi Unik Tempat Makan Bernuansa Penjara

Keduapasangan pengantin tersebut pun melanggar aturan tersebut. Mereka pun menuju ke area pepohonan rindang yang ada di desanya. Namun, tidak dinyana ternyata sang istri tiba-tiba hilang tidak berbekas. Pun halnya dengan si suami. Nasib kedua orang tersebut pun tidak diketahui hingga saat ini. Hingga akhirnya, muncul sumber mata air yang oleh masyarakat kemudian disebut Umbul Manten, artinya mata air pengantin.

Lokasi dan Tiket Masuk Umbul Manten Klaten

Lokasi Umbul Manten Klaten memang tidak terlalu jauh dari Umbul Ponggok. Terletak di Dusun Janti di Kelurahan Janti, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten. Anda pun bisa menuju ke tempat ini secara mudah lewat Yogyakarta. Perjalanan dari Yogyakarta butuh waktu sekitar 1 jam. Anda bisa memilih untuk menggunakan layanan penyewaan kendaraan untuk sampai ke tempat ini.

Umbul Manten Klaten
by Tjak Pet

Tiket masuk ke tempat ini pun tidak mahal. Setiap pengunjung hanya dikenakan biaya masuk sebesar Rp3 ribu per orang. Tidak lupa, Anda juga harus membayar biaya parkir kendaraan yang dipatok dengan tarif sebesar RP2 ribu.