Tugu Yogyakarta, Peninggalan Sejarah Berharga Sekaligus Landmark Utama Kota Jogja

Siapa yang tidak mengenal Tugu Yogyakarta? Tugu yang satu ini sudah lama dikenal sebagai landmark Kota Jogja. Lokasinya yang strategis juga memungkinkan wisatawan untuk melihat keberadaan tugu ini. Tak heran, meski berada di tengah persimpangan jalan, banyak wisatawan yang nekat dan ingin berfoto dengan latar belakang tugu ini.

Tugu ini, bagi masyarakat Yogyakarta, bukanlah sekadar tugu biasa. Keberadaannya menjadi pemersatu. Bahkan, pada masa lalu, Tugu Yogyakarta berperan besar dalam menyatukan warga Kota Yogyakarta dalam melawan para penjajah Belanda. Oleh karena itu, tugu ini memiliki nilai penting tersendiri di hati masyarakat Jogja.

Tugu Yogyakarta
via dutawisatasata 

Sejarah Tugu Yogyakarta

Perlu diketahui, Tugu Yogyakarta pertama kali dibangun oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I yang merupakan pendiri Keraton Jogja. Beliau membangun tugu ini pada tahun 1755. Keberadaannya, dipercaya sebagai garis penghubung magis antara tiga titik penting, yakni Gunung Merapi, Laut Selatan, serta Keraton Yogyakarta.

Desain tugu saat itu pun jauh berbeda dengan tugu yang sekarang. Sri Sultan mendesain tugu ini dengan bentuk silinder serta bagian puncak bulat. Tugu ini juga didesain dengan bentuk mengerucut dengan dasar pagar melingkar. Ketinggiannya, mencapai 25 meter. Hanya saja, tugu yang pertama itu kini sudah tidak lagi bisa dijumpai keberadaannya. Tugu tersebut telah hancur karena terjadi gempa bumi pada tanggal 10 Jni 1867.

Tugu Yogyakarta
via sewamotoryogya

Selanjutnya, Pemerintah Belanda berinisiatif untuk melakukan renovasi pada Tugu Jogja ini pada tahun 1889. Hanya saja, desain tugu yang baru sudah tidak lagi seperti tugu terdahulu. Hadir dengan desain persegi yang memperlihatkan siapa saja pihak yang terlibat dalam proses renovasi tugu ini.

Lokasi Tugu Yogyakarta

Tugu yang memiliki ketinggian 15 meter ini bisa dijumpai dengan mudah ketika melancong ke Yogyakarta. Lokasinya berada di tengah-tengah persimpangan Jl. Pangeran Mangkubumi, Jl. Jenderal Soedirman, Jl. A.M Sangaji, dan Jl. Diponegoro.

Menariknya, para wisatawan bisa menyaksikan keunikan tugu yang juga disebut dengan Tugu Pal Putih ini dengan mudah. Tersedia bangku yang secara khusus disediakan pemerintah Kota Yogyakarta dan secara langsung menghadap ke Jl. Pangeran Mangkubumi.