Titik Nol Kilometer Yogyakarta, Tempat Asyik untuk Nongkrong dan Foto-Foto

Ada banyak tempat yang bisa dijadikan sebagai lokasi bersantai dengan tenang di Yogyakarta. Salah satunya adalah Titik Nol Kilometer Yogyakarta. Di sini, Anda tidak hanya menjumpai lokasi yang nyaman, tapi juga merupakan tempat dengan suasana klasik, penuh dengan deretan gedung-gedung tua yang terawat dengan baik.

titik nol kilometer yogyakarta
by yudha

Lokasi Titik Nol Kilometer Yogyakarta

Titik Nol Kilometer Yogyakarta ini lokasinya tidak begitu jauh dari Malioboro. Bahkan, Anda pun bisa berjalan kaki dari Malioboro menuju ke tempat ini. Titik Nol ini berupa sebuah perempatan jalan dengan lima landmark di sekitarnya, yakni Kantor Bank BNI 46, Kantor Pos Besar, Gedung Bank Indonesia, Monumen Serangan Umum 1 Maret, serta Gedung Agung.

baca juga: Danau Ranu Agung, Destinasi Wisata Alam yang Indah di Probolinggo

titik nol kilometer yogyakarta
by laulei

Lokasinya yang strategis pun membuat tempat ini kerap menjadi area lalu lalangnya para wisatawan. Dari Titik Nol Kilometer Yogyakarta, para wisatawan bisa berjalan kurang lebih sejauh 100 meter untuk mencapai Alun-Alun Utara dan Kerayotn Yogyakarta. Berjalan agak lebih jauh lagi ke utara, bisa menemukan keberadaan Pasang Beringharjo dan Malioboro.

Titik Nol Yogyakarta Kerap Dimanfaatkan Sebagai Pusat Keramaian

Tempat yang satu ini juga menjadi lokasi berkumpulnya masyarakat saat ingin mengadakan berbagai jenis aktivitas. Mulai dari saat akan mengadakan aksi demonstrasi, karnaval budaya, hingga tempat berkumpulnya para anggota komunitas sebuah hobi. Apalagi, di sini terdapat area taman yang kian membuat nyaman para pengunjung.

titik nol kilometer yogyakarta
by MALIOBORO YOGYAKARTA

baca juga: Pantai Jogan Gunungkidul, Kombinasi Pantai dan Air Terjun Cantik di Yogyakarta

Titik Nol Kilometer Yogyakarta Jadi Lokasi Hunting Foto ala Klasik

Secara khusus, Titik Nol Kilometer Yogyakarta menjadi lokasi favorit para fotografer. Keberadaan gedung-gedung tua menjadi daya tarik tersendiri. Terlebih, gedung-gedung itu masih berdiri kokoh dan terjaga dengan baik. Bahkan, beberapa masih berfungsi.

titik nol kilometer yogyakarta
by Ismail Hasan Athallah

baca juga: Pesona Gunung Api Purba Nglanggeran Yogyakarta, Gunung Api Cantik di Gunungkidul

Suasana pun kian menarik kalau Anda berkunjung ke tempat ini pada malam hari. Ditemani dengan temaram cahaya kuning lampu kota, Titik Nol Kilometer memberikan momen yang tidak terlupakan. Beberapa lokasi foto kerap dipilih. Mulai dari area di sekitar taman, di depan monumen, ataupun di sekitar gedung-gedung tua.