Telaga Waja Rafting Bali, Pilihan Asyik Liburan Penuh Tantangan di Pulau Dewata

Telaga Waja Rafting Bali merupakan wisata arung jeram yang paling menantang di Karangasem Bali. Trek rafting disini paling panjang di Bali sejauh 16 km. Untuk menyusuri trek rafting di sungai ini memerlukan waktu 2 jam 2,5 jam.

Keselamatan dan kenyamanan peserta, sangat diutamakan oleh setiap perusahaan atau operator penyedia aktivitas rafting. Selain itu, perusahaan rafting harus memperhatikan debit air sungai, layak atau tidaknya melakukan aktivitas rafting.

Telaga Waja Rafting Bali

Daya Tarik Telaga Waja Rafting Bali

Telaga Waja Rafting Bali memiliki arus yang lebih menantang dengan level 4. Sungainya lebih jernih dan bersih karena bersumber dari mata air yang ada di kaki Gunung Agung Bali.

Di sepanjang Telaga Waja, pemandangan alamnya lebih menarik sebab terdapat petak-petak sawah hijau perbukitan, tebing sungai yang indah dan pemandangan air terjun yang banyak kita lihat sepanjang trek.

Jumping point setinggi kurang lebih 4 meter sebelum garis finish namun aman yang akan membuat Anda menahan nafas, berteriak dan pasti ketagihan.

Sungai Telaga Waja Rafting Bali ini memiliki jalur turunan yang tingginya hampir 5 meter, dengan kemiringan sekitar 50 derajat. Menuruni turunan sungai ini, dengan Anda berada di atas perahu karet adalah bagian terseru dari aktivitas arung jeram di sungai ini.

Operator Telaga Waja Rafting Bali

Telaga Waja Rafting Bali ini dikelola oleh beberapa operator, diantaranya

1. Bali International Rafting

BIR menawarkan antar jemput dan sudah termasuk dalam harga rafting di Telaga Waja. Biaya yang ditentukan sebesar Rp. 275.000 per orang dengan durasi 2,5 jam.

2. Sobek Rafting Telaga Waja

Bali Sobek Rafting menawarkan harga yang lebih murah yakni hanya Rp. 350.000 per orang selama 2,5 jam serta 1,5 jam untuk mandi, ganti baju dan makan siang.

3. Alam Rafting Adventure

Alam rafting adventure, menyedikan berbagai keamanan dan kenyamanan berarung jeram dengan biaya Rp. 350.000. Untuk ketentuan dan persyaratan dapat dilihat melalui website.

Harga semua operator atau perusahaan, sudah termasuk asuransi, pajak, peralatan, pemandu, lunch dan antar jemput. Harga diatas juga dapat berubah, sehingga akan lebih baik jika Anda melihat website operator diatas.

Prosedur Keselamatan Telaga Waja Rafting Bali

Sebelum memulai arung jeram, seorang pemandu akan mengarahkan seperti cara duduk, cara mendayung hingga cara menyelamatkan diri jika terlepas dari perahu.

Peralatan yang digunakan oleh peserta sudah berstandar internasional. Dilengkapi dengan jaket pelampung dan helm. Dengan ketentuan satu perahu karet maksimum ditumpangi 4 orang peserta dan 1 pemandu arung jeram.

Diharapkan, semua peserta mengikuti instruksi pemandu. Seperti harus mendayung, berhenti mendayung atau menunduj saat ada rintangab di depan. Hal ini juga merupakan wujud keselamatan peserta selain faktor peralatan dan pemandu.

Lokasi Telaga Waja Rafting Bali

Wisata arung jeram di Sungai Telaga Waja Rafting Bali ini terletak di Desa Muncan, Karangasem, Bali bagian timur yang dapat dicapai dalam kurang lebih 1,5 jam perjalanan dari wisata Kuta, Legian, Sanur dan Seminyak.