Taman Wisata Air Panas Guci, Kehangatan di Wisata Dataran Tinggi Tegal

Jalan-jalan ke Tegal tak lengkap tanpa mengunjungi Taman Wisata Air Panas Guci. Objek wisata yang terletak di ketinggian sekitar 1.050 mdpl itu hanya berjarak 30 kilometer dari Slawi, Jawa Tengah. Hawa dingin khas pegunungan akan segera menyapa Anda begitu tiba di sana.

Di Taman Wisata Air Panas Guci ini terdapat dua pemandian umum, yakni pancuran 13 dan pancuran 17. Air yang mengalir melalui pancuran-pancuran di sini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit atau penyakit rematik. Bahkan ada yang percaya bagi siapa saja yang mandi air panas di pancuran 13, akan mendapat tuah dan kesehatan.

Taman Wisata Air Panas Guci

baca juga: Ciao Gelato Yogyakarta, Kuliner Gastronomi Molekuler Yummy di Kota Pelajar

Selain berendam di kolam pemandian air panas, Anda juga dapat berendam di sungai yang mengalir di tengah area Taman Wisata Air Panas Guci. Sungai ini juga berair panas dan kandungan yang dimiliki sama dengan air yang di kolam pemandian karena sumber airnya sama.

Pertama menyentuh kulit memang terasa panas. Namun setelah lama berendam maka terasa hangat dan menenangkan. Dan suasana rileksasi di sauna alami ini menjadi hal yang begitu menyenangkan dan mendamaikan.

Taman Wisata Air Panas Guci bisa dibilang mempunyai fasilitas pariwisata yang cukup memadai. Mulai dari tempat parkir kendaraan, toilet dan tempat bilas, warung-warung penjual makanan dan minuman, wisma atau penginapan, fasilitas outbound dan perkemahan, fasilitas olahraga, dan lainnya.

Taman Wisata Air Panas Guci

 

Terdapat juga wahana kolam renang atau water park dengan fasilitas yang cukup lengkap. Jika Anda ingin berkeliling Taman Wisata Air Panas Guci, Anda bisa menunggangi kuda yang disewakan dengan tarif yang terjangkau.

baca juga: Gua Rancang Kencono Gunungkidul, Wisata Gua Bersejarah di Yogyakarta

Sebelum pulang, ada baiknya membeli oleh-oleh makanan khas Tegal yang bisa dibeli di lokasi objek wisata ini. Atau membeli souvenir serta cinderamata di kios-kios penjual. Yang pasti mumpung di Tegal, belanja oleh-oleh khas dari Tegal yang banyak, ya.

Lokasi Taman Wisata Air Panas Guci

Taman Wisata Air Panas Guci berada di Desa Guci, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal. Dari Kota Tegal, Anda arahkan kendaraan menuju Purwokerto. Setelah melewati pusat Kota Slawi, Anda akan sampai di wilayah Kecamatan Lebaksiu. Sampai di pertigaan Yomani ada penunjuk jalan menuju Guci. Ikuti saja arah tersebut, jaraknya berkisar 25 kilometer dari sana.

Tiket Masuk Taman Wisata Air Panas Guci

Tiket masuk Taman Wisata Air Panas Guci, pada hari biasa untuk orang dewasa Rp 5.000, sedangkan untuk anak-anak Rp 4.500. Pada hari libur atau tanggal merah, orang dewasa Rp 7.000 dan untuk anak-anak sebesar Rp 6.500. Tiket masuk ini sudah termasuk asuransi.