Taman Puri Maerokoco Semarang, Taman Mini Versi Jawa Tengah

Siapa yang tidak mengetahui keberadaan Taman Mini Indonesia Indah (TMII)? Nah, kalau ke Kota Semarang, Anda juga bisa mendapatkan pengalaman serupa saat berkunjung ke Taman Puri Maerokoco Semarang. Tempat wisata yang satu ini memang kerap mendapatkan sebutan sebagai TMII versi Jawa Tengah.

Seperti halnya TMII, Taman Puri Maerokoco Semarang ini juga dilengkapi dengan berbagai rumah adat. Hanya saja, kalau TMII menyimpan rumah adat dari Sabang sampai Merauke, maka Taman Puri Maerokoco menjadi rumah untuk rumah adat dari seantero Jawa Tengah.

Taman Puri Maerokoco Semarang
Instagram photo by Welcome To My Galery

baca juga: Hutan Pinus Mangunan Imogiri, Tempat Pas untuk Cari Ketenangan

Foto Selfie Berlatar Rumah Adat di Taman Puri Maerokoco Semarang

Seperti yang telah disebutkan di atas, berbagai rumah adat asli Jawa Tengah bisa ditemukan di sini. Rumah-rumah adat tersebut ditempatkan dalam sebuah anjungan berdasarkan lokasinya masing-masing. Di setiap anjungan, tidak hanya menyimpan rumah adat, tapi juga menyimpan bangunan khas tiap-tiap daerah. Total terdapat 35 anjungan yang ada di kawasan Taman Puri Maerokoco Semarang.

Taman Puri Maerokoco Semarang
Instagram photo by Kanjeng Adipati Kudus

Keberadaan rumah-rumah adat tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Mereka yang datang tidak hanya bisa menyaksikan keragaman budaya yang dimiliki oleh Provinsi Jawa Tengah. Di waktu yang sama, tempat ini kerap dijadikan sebagai lokasi foto selfie yang menarik. Jarang-jarang kan, ada tempat yang menyimpan banyak koleksi rumah adat eksotis?

baca juga: Museum Kereta Api Ambarawa Semarang, Wisata Edukasi Seru dan Asyik

Selain itu, di sini juga menjadi rumah untuk berbagai miniatur bangunan landmark Provinsi Jawa Tengah. Mulai dari miniatur Masjid Agung Demak, Masjid Menara Kudus, Masjid Mantingan, hingga miniatur Candi Borobudur. Bakal semakin seru deh, saat berkunjung ke sini untuk aktivitas hunting foto.

Fasilitas Rekreasi di Taman Puri Merokoco Semarang

Tidak hanya menjadi tempat untuk berfoto selfie, Taman Puri Maerokoco Semarang juga menjadi tempat yang pas untuk berwisata bersama keluarga. Terlebih, ada beragam fasilitas rekreasi yang bisa dijumpai di tempat ini. Anda bisa mengajak anak untuk bermain seru naik becak air, kereta gantung, komidi putar, dan lain-lain.

Taman Puri Maerokoco Semarang
Instagram photo by 💮Resti Laras Gilang Parindra

baca juga: Pantai Wedi Ombo Gunungkidul, Pantai Unik dengan Kolam Renang Alami di Yogyakarta

Jam Buka Taman Puri Merokoco Semarang

Para pengunjung bisa datang ke Taman Puri Merokoco Semarang setiap hari. Tempat ini buka mulai dari pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB.

Lokasi Taman Puri Merokoco Semarang

Tempat ini memiliki lokasi yang sangat mudah dijangkau, berada di alamat Jl. Yos Sudarso Semarang. Lokasi Taman Puri Maerokoco Semarang ini berdekatan dengan Tugu Muda Semarang. Kurang lebih berjarak lima kilometer.