Taman Pintar Yogyakarta, Wisata Edukasi yang Menambah Pengetahuan Anak

Taman Pintar Yogyakarta menjadi pilihan wisata menarik lain kalau ingin menghabiskan waktu libur panjang bersama keluarga. Entah liburan lebaran, akhir tahun atau liburan lain. Yang pasti, tempat wisata edukasi ini tidak hanya membuat si kecil bergembira, tapi juga mendapatkan berbagai pengetahuan baru.

Taman Pintar Yogyakarta ini pun kini menjadi destinasi liburan keluarga yang menarik. Pengunjungnya pun tak hanya berasal dari dalam Kota Yogyakarta, tapi juga para wisatawan yang berasal dari berbagai penjuru tanah air. Terutama, mereka yang berkunjung bersama keluarga.

Taman Pintar Yogyakarta

baca juga: Seru-seruan Liburan Keluarga di Museum Dirgantara Mandala Yogyakarta

Wahana Permainan Edukatif di Taman Pintar Yogyakarta

Tempat wisata ini memiliki beragam wahana menarik yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan. Mereka pun menggunakan beragam jenis teknologi untuk membuat sarana wahana permainan edukasi yang interaktif. Dengan begitu, anak pun akan memiliki ketertarikan tinggi terhadap dunia teknologi.

Taman Pintar Yogyakarta

Total, sebanyak 35 zona dengan 3.500 alat peraga tersedia di tempat wisata edukatif di Yogyakarta ini. Beberapa zona permainan tersebut antara lain adalah:

baca juga: Ciao Gelato Yogyakarta, Kuliner Gastronomi Molekuler Yummy di Kota Pelajar

1. Playground

Di tempat ini, para wisatawan bisa menjumpai berbagai sarana permainan untuk anak. Menariknya, wisatawan tak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk masuk ke area permainan ini.

2. Gedung Oval-Kotak

Di area ini, para wisatawan akan diajak untuk menyaksikan peragaan berbagai ilmu sains yang dikemas secara menarik. Tidak ada batasan umur untuk masuk ke tempat ini. Tiket masuknya murah, anak-anak dikenakan biaya sebesar Rp10 ribu, sementara untuk orang dewasa tiketnya sebanyak Rp18 ribu per orang.

3. Gedung PAUD Barat dan Gedung PAUD Timur

Area ini menjadi persinggahan yang secara khusus disediakan untuk anak usia pra-TK dan TK.

4. Gedung Memorabilia

Di sini, wisatawan bisa mengajak si kecil untuk mengetahui sejarah di Yogyakarta. Mulai dari Kasultanan dan Paku Alaman Yogyakarta, tokoh presiden RI, hingga beragam tokoh pendidikan.

5. Planetarium

Wahana edukasi anak yang ada di Planetarium tidak kalah menariknya dibandingkan di tempat lain. Di sini, wisatawan akan disuguhkan dengan film pengetahuan yang menginformasikan tentang tata surya serta antariksa.

Cara Menuju Lokasi Taman Pintar Yogyakarta

Tidak sulit untuk menjangkau lokasi Taman Pintar Yogyakarta. Tempat wisata edukasi yang satu ini terletak di pusat kota, tepatnya di Jalan Panembahan Senopati nomor 1-3. Jaraknya pun sangat dekat dengan kawasan Malioboro yang dikenal sebagai area wisata paling populer di Yogyakarta. Cukup berjalan kaki selama 15 menit, Anda sudah sampai di sini.