Taman Nasional Meru Betiri Jawa Timur, Gudangnya Wisata Alam dan Hewan Eksotis

Liburan wisata alam ke Jawa Timur sangat mudah. Salah satunya, coba saja ke Taman Nasional Meru Betiri Jawa Timur. Taman Nasional ini memiliki wilayah yang sangat luas. Melintasi beberapa kabupaten sekaligus, termasuk di antaranya adalah Kabupaten Jember dan Banyuwangi.

Taman Nasional Meru Betiri Jawa Timur

Wisata Alam Lengkap di Taman Nasional Meru Betiri Jawa Timur

Di Taman Nasional Meru Betiri Jawa Timur, wisatawan bisa menemukan beragam tempat wisata alam. Mulai dari wisata pantai, hutan, hingga gunung. Semua tempat-tempat wisata tersebut masih terjaga keasriannya. Tidak heran kalau wisatawan bakal merasakan suasana yang alami selama berkunjung ke sini.

Secara khusus, wisatawan bisa menjumpai pantai-pantai yang masih perawan di Taman Nasional Meru Betiri Jawa Timur. Sebut saja, pantai Rajegwesi, Pantai Batu, Pantai Teluk Hijau, Pantai Sukamade, atapun Pantai Bandealit. Wisatawan bisa berkunjung ke pantai-pantai itu baik melalui Banyuwangi ataupun Jember.

Kekayaan Flora dan Fauna Taman Nasional Meru Betiri Jawa Timur

Wisatawan dapat pula menyaksikan berbagai hewan langka saat datang ke Taman Nasional Meru Betiri. Apalagi, taman nasional yang memperoleh namanya dari Gunung Betiri ini menjadi rumah untuk beberapa hewan yang dilindungi. Termasuk di antaranya adalah penyu sisik, kucing hutan, merak, penyu hijau, ataupun badak jawa.

Taman Nasional Meru Betiri Jawa Timur

Tidak hanya hewan, berbagai jenis tanaman langka juga dapat ditemukan di Taman Nasional Meru Betiri Jawa Timur. Bahkan, beberapa tanaman merupakan jenis tanaman endemik Pulau Jawa. Menurut catatan pada tahun 2008, setidaknya ditemukan sebanyak 28 spesies anggrek di Taman Nasional Meru Betiri Jawa Timur.

Cara Menuju Lokasi Taman Nasional Meru Betiri Jawa Timur

Seperti yang telah disebutkan, ada dua jalur yang bisa digunakan untuk masuk ke Taman Nasional Meru Betiri. Yakni, lewat jalur Jember dan Banyuwangi. Untuk wisatawan yang melintasi jalur lewat Banyuwangi, bisa lewat arah Jajag, Pesanggrahan hingga menuju ke Pantai Rajegwesi yang merupakan pintu taman nasional.

Sementara itu, jalur di Jember bisa melintasi Ambulu, Tempurejo, Curahnongko, hingga akhirnya sampai di Andongrejo yang merupakan lokasi pintu masuk taman nasional. Di sini, wisatawan juga bisa menuju ke Pantai Bandealit yang di area tengah-tengahnya terdapat perkebunan kecil.