Soto Mata Sapi Bangkalan, Tampilannya Serap Tapi Rasanya Maknyus

Jika Anda berada di Bangkalan di Pulau Madura, maka kuliner yang terkenal di sana adalah soto mata sapi Bangkalan. Jangan bayangkan bahwa soto ini memakai telur ceplok yang digoreng. Ya, dikarenakan soto ini memakai mata sapi betulan.

Soto mata sapi merupakan kuliner khas Bangkalan yang berupa soto pada umumnya tetapi tetap memiliki perbedaan dengan soto lainnya. Rasa dari soto ini sama tetapi yang membedakannya adalah mata sapi yang utuh berbalut tulang. Mata si inilah yang tidak dapat ditemukan di soto lainnya.

baca juga: Bebek Goreng Tugu Pahlawan Surabaya, Kuliner Pinggir Jalan Wajib di Surabaya

Walaupun kelihatannya soto mata sapi Bangkalan ini terlihat mengerikan karena memakai mata sapi beneran, tetapi rasanya tak perlu diragukan lagi. Apalagi kalau dimakan saat masih hangat ditambah dengan sambal yang pedas. Dijamin akan membuat ketagihan!

Soto Mata Sapi Bangkalan

Lokasi Soto Mata Sapi Bangkalan

Anda bisa menemukan soto mata sapi ini di Jalan Raya Burneh Bangkalan Madura. Jangan harap untuk bisa menemukan keberadaan penanda di pinggir jalan . Terutama karena tempatnya yang masuk gang sedikit menyusahkan calon pembeli. Tetapi bila Anda bertanya pada penduduk sekitar sini, maka banyak yang akan memberitahu Anda.

baca juga: Pantai Ria Kenjeran, Pantai yang Kini Semakin Indah di Surabaya

Anda tidak akan menemukan nama warung, kursi, meja yang semestinya seperti pada warung-warung lainnya. Adanya meja penjual dan kursi lebar dari anyaman bambu sebagai tempat pembeli bersila. Terlihat kalau tempat makan yang satu ini sangat sederhana. Meski begitu, kuliner soto mata sapi Bangkalan di sini telah terkenal luas loh.

Soto Mata Sapi Bangkalan
via http://catatansijarijempol.blogspot.co.id/

Tidak seperti soto yang mungkin telah Anda kenal sebelumnya, soto ini berwarna merah. Warna merah ini dihasilkan oleh cabai merah halus. Ditambah bumbu khas soto Madura sebagai bumbunya tanpa memakai kunyit seperti soto-soto lainnya.

Soto Mata Sapi Bangkalan Menggunakan Bahan Dasar Bola Mata Utuh

Soto mata sapi berbahan dasar dari mata sapi, daging dan usus sapi. Ketiga bahan ini direbus sampai lima jam sampai kuah yang dihasilkan menjadi kental dan pekat. Lalu dibumbui supaya rasanya menjadi nikmat.

Lalu diberi sedikit tambahan irisan daging sapi rebus seperti soto-soto umumnya. Anda akan disuguhkan dengan soto yang memakai mata sapi untuh yang masih ada tulangnya, bukan diiris kecil-kecil. Bila Anda menginginkan diiris-iris kecil, Anda bisa memesan untuk diiris-iris pada penjualnya. Tetapi jika Anda tidak berani memakan mata sapi, Anda bisa mengatakan pada penjual untuk tidak menyertakannya.

Biasanya soto mata sapi ini dihidangkan dengan menambahkan ketupat atau topak. Topak mirip dengan lontong tetapi tidak dibungkus dengan daun pisang melainkan daun kelapa, kecambah, bawang goreng, kacang, jagung, irisan cabe rawit dan air perasan jeruk. Jika ingin lebih nikmat, Anda bisa memesan tambahan bumbu rujak sebagai pelengkapnya.

Selain menggunakan mata sapi sebagai bahan utama, biasanya juga ditambahkan jagung goreng. Selain itu, ditambah kecambah yang juga menjadi pelengkap rasa. Soto mata sapi ini memakai sambal berupa cabai yang dipotong kecil-kecil.

Harga Soto Mata Sapi Bangkalan

Hanya dikenai biaya 12 ribu per porsi, anda bisa menikmati lezatnya soto mata sapi Bangkalan ini. Cocok untuk dimakan bersama keluarga bersama-sama. Jadi apakah Anda tertarik memakan soto mata sapi?