Seru-seruan Liburan Keluarga di Museum Dirgantara Mandala Yogyakarta

Libur panjang lebaran paling asyik dihabiskan dengan wisata keluarga. Museum Dirgantara Mandala Yogyakarta pun bisa menjadi opsi yang menarik. Di tempat ini, wisatawan dapat mengajak si kecil untuk bersenang-senang sekaligus memperoleh pengetahuan yang positif bagi mereka.

Dulunya, Museum Dirgantara Mandala Yogyakarta bukan berlokasi di Kota Jogja, melainkan di Jakarta. Didirikan pada tanggal 4 April 1969, museum ini berlokasi di Jalan Tanah Abang. Namun, pemindahan dilaksanakan pada tahun 1977 ke Yogyakarta. Alasan utamanya, karena Yogyakarta merupakan lokasi kelahiran TNI Angkatan Udara. Dan, sampai saat ini Museum Dirgantara berlokasi di Kompleks TNI AU Lanud Adi Sutcpto, Yogyakarta.

Museum Dirgantara Mandala Yogyakarta
via aviationmuseum.eu

baca juga: Gua Rancang Kencono Gunungkidul, Wisata Gua Bersejarah di Yogyakarta

Deretan Koleksi Pesawat Kuno di Museum Dirgantara Mandala Yogyakarta

Sesuai dengan namanya, Museum Dirgantara Mandala Yogyakarta ini menyimpan berbagai jenis benda-benda kedirgantaraan. Termasuk di antaranya adalah pesawat dan rudal. Pesawat yang menjadi koleksi museum ini juga beragam. Wisatawan bisa menemukan keberadaan pesawat Ki-43 dan A6M5 Zero yang berasal dari Jepang, Helikopter Hillier 360 dari Amerika, serta yang tidak ketinggalan adalah replika pesawat pertama dari Indonesia, WEL-I RI-X.

Untuk rudal, di tempat ini wisatawan bisa menjumpai keberadaan rudal SA-75. Rudal ini merupakan salah satu mesin pertahanan militer yang digunakan di darat untuk menangkis serangan dari udara. Rudal ini pun punya jangkauan yang besar, dengan jarak tembak sejauh 36 km serta tinggi hingga 70 km. Selain itu, rudal di Museum Dirgantara Mandala Yogyakarta ini juga punya kecepatan sebesar 1.110 km per detik.

Museum Dirgantara Mandala Yogyakarta
via aviationmuseum.eu

Total, sebanyak 10 ribu koleksi yang terdiri dari berbagai macam benda disimpan di museum ini. Mulai dari sebanyak 36 pesawat, 1.000 foto, lukisan, tanda kehormatan, 28 diorama, hingga berbagai koleksi buku penting. Ada pula koleksi paling berharga berupa replika pesawat Dakota VT-CLA dari India yang dulu jatuh setelah ditembak di daerah Bantul oleh tentara Belanda.

baca juga: Pasar Beringharjo Yogyakarta, Tempat Belanja Oleh-Oleh dan Kuliner Murah di Kota Pelajar

Jam Buka dan Tike Masuk Museum Dirgantara Mandala Yogyakarta

Untuk masuk ke tempat ini, para wisatawan harus memperhatikan jam bukanya. Tempat ini bisa didatangi pada rentang antara pukul 8 pagi hingga pukul 15 sore. Tiket masuknya pun murah meriah. Wisatawan cukup mengeluarkan uang sebesar Rp4 ribu per orang. Murah, kan?

Cara Menuju Lokasi Museum Dirgantara Mandala Yogyakarta

Akses masuk menuju ke museum ini pun tidak sulit. Anda bisa menjangkaunya dari Bandara Adi Sutcipto. Jangan lupa untuk mengurus berbagai persyaratan yang diperlukan. Apalagi, tempat ini berada di kawasan militer.