Semarang Night Carnival, Pilihan Kegiatan Seru Memperingati Ulang Tahun Kota Semarang

Setiap tanggal 2 Mei, Kota Semarang punya agenda kegiatan yang seru. Namanya Semarang Night Carnival. Kegiatan ini adalah salah satu rentetan aktivitas yang dilakukan oleh pemerintah kota setempat dalam merayakan ulang tahun kelahiran Kota Semarang.

Setiap pelaksanaan Semarang Night Carnival, para wisatawan pun berdoyong-doyong untuk menyaksikannya secara langsung. Bahkan, merekayang datang ke sini tidak hanya wisatawan domestik. Para turis mancanegara juga turut datang dan sekaligus memeriahkan acara ini dengan parsitipasi langsungnya.

Semarang Night Carnival

Parade Kostum Unik di Semarang Night Carnival

Salah satu daya tarik utama dari kegiatan ini adalah adanya parade kostum unik. Para peserta berlomba-lomba untuk mengikuti festival dengan mengenakan kostum yang disesuaikan dengan tema dari panitia. Sebagai contoh, pada tahun 2017, tema yang digunakan adalah ‘Paras Semarang’.

Pada momen tersebut, para peserta tampil dengan berbagai kostum yang memperlihatkan kecantikan kota Semarang. Ada peserta yang tampil dengan ostum burung blekok, jenis burung mirip bangau yang biasa dijumpai di kawasan Semarang bagian atas.

Semarang Night Carnival

Selain itu, banyak pula peserta yang memilih mengenakan kostum unik yang ditempeli pernak-pernik lucu berbentuk makanan khas Semarang. Makanan khas Semarang yang mereka pilih pun beragam, mulai dari lumpia, kue ganjel rel, bandeng presto, ataupun wingko babat.

Menariknya, pada acara Semarang Night Carnival di tahun 2017 lalu, ada peserta yang secara khusus datang dari Taiwan. Peserta Taiwan ini menampilkan atraksi tarian serta Liong. Selain dari Taiwan, ada pula peserta dari Srilanka, Korea Selatan, serta Thailand.

Pelaksanaan Semarang Night Carnival

Acara karnaval ini dilaksanakan setiap tanggal 2 Mei. Para peserta akan diajak untuk menyusuri Jalan Pemuda dengan jalur mencapai panjang 1,3 km. Rutenya dimulai dari titik nol kilometer atau Kantor Pos Besar Semarang dan finish di Lawang Sewu.

Pada setiap perayaan acara ini, para penonton juga turut membuat keramaian. Di sepanjang jalur karnaval, para penonton berkerumun ingin menyaksikan keunikan kostum para peserta. Tak lupa, acara Semarang Night Carnival ini juga menjadi ajang hunting foto yang menarik bagi para fotografer.

Karena acara ini berlangsung di tempat umum, Anda pun tidak perlu mengeluarkan uang untuk menyaksikannya. Jangan lupa untuk mempersiapkan kamera, ya. Apalagi, tanggal 2 Mei sudah dekat. Yuk, agendakan kunjungan ke Semarang!