Sate Lisidu, Kuliner Ayam Kampung Legendaris dari Surabaya

Menyantap sate mungkin sudah menjadi hal yang biasa. Namun, lain halnya kalau sate yang disantap adalah sate lisidu. Sate yang satu ini dikenal sebagai kuliner sate ayam legendaris yang ada di Surabaya. Mengingat, ayam yang digunakan bukan ayam pedaging, melainkan ayam kampung.

Sate ini merupakan hasil kreasi dari kreatornya yang bernama almarhum Bapak Istianto. Pria yang satu ini mendirikan kedai sate lisidu pada tahun 1997. Menariknya, ada cerita unik terkait penamaan lisidu. Nama Lisidu diambil dari plat nomor mobil Kijang Rover milik Bapak Istianto, yakni L 1551 DU dibaca lisidu.

sate lisidu

Karena menggunakan bahan baku berupa ayam kampung, tekstur daging pada sate lisidu pun jauh berbeda dengan sate di tempat lain. Dagingnya akan terasa gurih saat masuk ke mulut. Selain itu, kombinasi daging dengan bumbu pun akan terasa nikmat. Ditambah lagi, daging yang digunakan sebelumnya telah direndam dengan resep khusus yang telah disiapkan.

Para pengunjung pun bisa memilih untuk menyantap sate lisidu dalam berbagai cara. Anda bisa secara langsung memakannya tanpa menggunakan saus. Selain itu, bisa pula memilih untuk memanfaatkan saus yang telah disediakan oleh pihak rumah makan.

sate lisidu

Anda juga tidak perlu khawatir kalau sate yang dimakan bakal dingin. Saat berkunjung ke kedai sate lisidu, setiap pengunjung akan ditemani dengan panggangan sate mini. Panggangan tersebut bisa digunakan untuk menghangatkan sate yang sudah disajikan.

Varian Menu di Sate Lisidu Surabaya

Di tempat ini, para pencinta kuliner tidak hanya bisa menyantap sate berbahan daging ayam kampung. Tersedia pula menu lain yang bisa disantap. Menu lain tersebut antara lain adalah sate ayam pedaging, jerohan ayam, dan berbagai jenis olahan daging ayam lain.

Lokasi Kedai Sate Lisidu Surabaya

Untuk menyantap kuliner yang satu ini, Anda harus berkunjung ke Surabaya. Mengingat, pemilik kedai memang tidak membangun cabang di kota lain. Bahkan, di Kota Pahlawan, hanya ada satu lokasi kedai sate lisidu.

Lokasi kedai ini terletak di Jalan Kutai nomor 53-C, Darmo, Wonokromo. Kalau enggan berkunjung langsung, Anda juga bisa memanfaatkan layanan delivery yang tersedia menggunakan aplikasi ojek online. So, tidak ada alasan untuk tidak mencicipi kuliner legendaris ini kalau Anda datang ke Surabaya, kan?