Rumah Topeng dan Wayang Setiadarma, Menyimpan Koleksi Topeng dan Wayang dari Berbagai Penjuru Nusantara

Rumah Topeng dan Wayang Setiadarma merupakan rumah yang berisi koleksi topeng dan wayang dari seluruh Nusantara dan negara lain seperti Jepang, China, Thailand dan negara lainnya. Rumah Topeng dan Wayang Setiadarma juga merupakan koleksi yang berfungsi untuk melestarikan kesenian topeng dan wayang.

Rumah Topeng dan Wayang memiliki visi yakni memberi inspirasi kepada publik untuk belajar tentang kebudayaan yang berguna untuk kehidupan saat ini dan masa yang akan datang. Sedangkan misinya ialah melestarikan bentuk seni topeng dan wayang yang berasal dari wilayah Nusantara dan memberi pengetahuan akan topeng yang berasal dari luar negeri.

Rumah Topeng dan Wayang Setiadarma
via anythingbali

Pelestarian topeng di Bali sangat mudah ditemukan sebab topeng dan wayang sering digunakan sebagi upacara adat serta ritual yang dipercayai masyarakat Bali. Karya seni dan budaya topeng dan wayang di Bali sangat didukung oleh pemerintah setempat dan tidak terkontaminasi oleh politik.

Koleksi Rumah Topeng dan Wayang Setiadarma

Koleksi topeng sangat beragam mulai dari yang berusia muda hingga berusia abad dapat Anda jumpai. Salah satu koleksi yang berusia berabad-abad ialah topeng yang berasl dari Kalimantan yang sering digunakan sebagai ritual dan diperkirakan berusia dua abad. Adapula topeng sederhana terbuat dari kayu bernama Hudoq berasal dari Suku Dayak.

Untuk koleksi boneka dan wayang ada berbagai jenis dan berbagai asal daerah. Mulai dari koleksi wayang kaper, wayang beber Jawa dan Bali, wayang suket, wayang kulit hingga wayang golek. Semua koleksi berasal dari berbagai daerah di Nusantara dan luar negeri.

Rumah Topeng dan Wayang Setiadarma
via ubudnowandthen

Fasilitas Rumah Topeng dan Wayang Setiadarma

Fasilitas yang tersedia di Rumah Topeng dan Wayang di antaranya ruang konferensi, taman tropis, ruang pameran dan panggung terbuka. Sejumlah pameran kebudayaan dan kesenian sering diadakan di Rumah Topeng dan Wayang Bali ini.

Sang Pemilik Rumah Topeng dan Wayang Setiadarma

Rumah Topeng dan Wayang Setiadarma merupakan milik perorangan dan bukan milik pemerintah. Hadi Sunyoto merupakan seorang pebisns sekaligus pemerhati budaya yang mengelola Rumah Topeng dan Wayang Bali.

Hadi Sunyoto mengoleksi wayang dan topeng sekitar 7 tahun dari berbagai daerah di Indonesia. Dalam kurun wakt 7 tahun tersebut, Hadi Sunyoto telah menyimpan, mengoleksi hingga membuka tempat bagi koleksi wayang dan topengnya dan dibuka untuk umum pada thun 2006.

Lokasi Rumah Topeng dan Wayang Setiadarma

Rumah Topeng dan Wayang Bali berlokasi di Kubu Bingin Cultural Village di Jalan Tegal Bingin, Banjar Tengkulak Tengah, Kemenuh Village, Sukawati, Gianyar, Bali. Jam buka Rumah Topeng dan Wayang Setiadarma menganut jam buka museum yakni pukul 10.00 hingga 16.00 WITA. Rumah Topeng dan Wayang ini berdiri di atas lahan seluas 1.4 hektar dengan 5900 koleksi yang terdiri dari 1.200 topeng dan 4.700 wayang dari Indonesia dan negara lain.

Arsitektur Rumah Topeng dan Wayang Bali memiliki arsitektur khas Bali, Joglo, tekuk tulang hingga limasan. Arsitektural menggambarkan bahwa koleksi yang dipajang tak hanya dari satu daerah saja melainkan berasal dari nusantara dan berbagai belahan dunia. Rumah Topeng dan Wayang Setiadarma sering dikunjungi pelajar dan wisatawan.

Dengan beragam koleksi di sana, memilih tempat wisata budaya di Bali ini sebagai tempat liburan edukatif memang sangat tepat. Anda tertarik berkunjung ke sini?