Relief Yeh Pulu Bali, Menyaksikan Potret Rekaman Sejarah Bali di Masa Lalu

Bali memiliki banyak sekali jenis objek wisata yang dapat anda kunjungi. Di Bali terdapat objek wisata sejarah dimana anda dapat berlibur sambil menambah wawasan anda. Salah satu objek wisata sejarah yang menarik di Bali adalah Relief Yeh Pulu Bali.

Relief Yeh Pulu Bali merupakan tempat bersejarah yang menampilkan sebuah gambaran mengenai kehidupan sehari-hari pada jaman kerajaan terdahulu di Bali. Pahatan-pahatan yang ada di atas batu tersebut terlihat begitu unik dan terkesan kuno. Berpadu dengan pemandangan alam di sekitar area wisata yang begitu asri.

Relief Yeh Pulu Bali

Nama Yeh Pulu diambil dari kata Yeh yang artinya air dan Pulu yang artinya gentong, dimana pada jamannya digunakan untuk tempat menyimpan beras. Jadi sebuah gentong tempat beras yang berada di tegah-tegah air suci.

Relief Yeh Pulu Bali memiliki panjang sekitar 25 meter dan tinggi 2 meter. Beragam cerita mengenai kehidupan masyarakat dan kerajaan Bali jaman dahulu terlukis, seperti kegiatan mengambil air dengan gentong, berburu di hutan, aktifitas dalam rumah, dan banyak lagi.

Sejarah Singkat Relief Yeh Pulu Bali

Situs bersejarah ini pertama kali ditemukan sekitar tahun 1925 oleh punggawa Kerajaan Ubud. Diperkirakan Relief Yeh Pulu telah ada pada abad ke 14 atau abad ke 15. Kemudian pada tahun 1929 dipromosikan oleh bagian purbakala pada masa kolonial Belanda, yang sebelumnya melakukan penelitian terlebih dahulu pada tempat ini. Kini Relief Yeh Pulu dilindungi dan diperhatikan oleh Pelestarian Cagar Budaya Bali.

Relief Yeh Pulu Bali

Selain pahatan-pahatan relief, di area ini juga terdapat ceruk-ceruk yang merupakan tempat pertapaan para Raja Bedahulu sebelum mereka gugur melawan Kerajaan Majapahit pada tahun 1343 Masehi.

Tidak hanya menyuguhkan cerita bersejarah saja, tempat wisata Yeh Pulu ini juga memanjakan mata kita dengan lingkungan sekitar yang begitu menawan. Keindahan pemandangan disekitarnya dapat anda jadikan sebagai objek berfoto. Di sekitar area wisata telah tersedia beberapa fasilitas, seperti tempat parkir, toilet, serta terdapat para penjual souvenir khas Bali.

Objek wisata yang satu ini pas sekali untuk anda datangi ketika masa liburan tiba. Anda dapat datang bersama dengan sanak keluarga ataupun dengan kawan-kawan anda.

Lokasi Relief Yeh Pulu Bali

Bagi anda yang tertarik untuk datang dan menikmati indahnya keunikan dari Relief Yeh Pulu ini, maka anda dapat langsung datang ke lokasinya, yaitu di Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali. Yeh Pulu ini searah dengan rute Kuta – Denpasar – Ubud – Kintamani.

Apabila anda berkendara dari Bandara Ngurah Rai maka akan menempuh perjalanan kurang lebih 60 menit. Bisa dibilang tempat wisata Yeh Puluh ini mudah diakses, berada di sebelah timur wisata Goa Gajah terdapat sebuah papan penunjuk arah bertuiskan Yeh Pulu ke arah selatan, serta berdekatan juga dengan Pura Samuan Tiga.

Biaya Tiket Masuk Relief Yeh Pulu Bali

Untuk masuk area wisata Relief Yeh Pulu ini, anda mungkin dikenai biaya masuk sekitar IDR 15.000. Perjalanan menuju tempat utama Relief Yeh Pulu pasti akan terasa menyenangkan bagi anda. Karena setelah anda memarkirkan kendaraan anda, anda akan melewati jalan setapak dengan ditemani pemandangan sawah disekitarnya.

Jalan setapak yang ada disana begitu bersih serta rapi. Membuat siapapun yang berkunjung merasa nyaman sepanjang perjalanan. Jadi, ketika anda berkunjung di Relief Yeh Pulu usahakan untuk tetap menjaga kebersihan dan tidak merusak keindahan yang telah ada.