Ranu Gumbolo Tulungagung, Pesonanya Tak Kalah Dibandingkan Ranu Kumbolo di Semeru

Nama Ranu Gumbolo Tulungagung memang sangat mirip dengan Ranu Kumbolo yang ada di jalur pendakian menuju Puncak Gunung Semeru. Nah, kedua tempat ini ternyata tidak hanya punya kemiripan nama. Di waktu yang sama, Ranu Gumbolo juga menawarkan pemandangan tak kalah ciamiknya dibandingkan Ranu Kumbolo.

Untuk menikmati keindahan alam di Ranu Gumbolo Tulungagung, Anda tidak perlu harus melintasi jalur pendakian yang menantang. Sebaliknya, Anda hanya perlu datang ke Kota Tulungagung di Jawa Timur dan menuju ke lokasi danau ini dengan menggunakan sarana transportasi yang ada di kota ini atau memilih memakai kendaraan pribadi.

Ranu Gumbolo Tulungagung

Pemandangan Alami di Sekitar Ranu Gumbolo Tulungagung

Ketika sampai di danau yang satu ini, suasana alaminya akan langsung bisa dirasakan. Di sekeliling danau, Anda bisa mendapati area hutan pinus yang kerap menjadi lokasi persinggahan para wisatawan. Dari area hutan pinus ini, para wisatawan kerap menghabiskan waktunya untuk bersantai sembari berfoto-foto.

Tidak hanya itu, tempat ini juga telah dilengkapi dengan gardu pandanga yang memungkinkan para wisatawan menyaksikan pemandangan danau dari ketinggian. Di waktu yang sama, gardu pandang itu juga jadi lokasi yang asyik untuk berpose foto selfie. Dengan latar belakang danau alami yang cantik. Sebagai tambahan, di sini juga ada spot instagramable lain berupa hammock.

Ranu Gumbolo Tulungagung

Kalau mau, Anda juga bisa mencoba memancing di sini. Ikan yang bisa diperoleh di danau ini cukup beragam, di antaranya adalah mujair, nila, serta lele. Hanya saja, ketika ingin memancing di sini, pastikan untuk membawa perlengkapannya sendiri. Karena tidak ada layanan penyewaan alat pancing di sekitar danau.

Cara Menuju Lokasi Ranu Gumbolo Tulungagung

Danau yang satu ini berada di wilayah Desa Wonorejo, Pagerwojo, Tulungagung. Lokasinya mudah ditemukan, karena berada tepat di pinggir jalan raya. Jarak yang perlu Anda tempuh untuk sampai ke sini sekitar 24 km dari pusat Kota Tulungagung. Selain itu, ketika sampai di sini, para pengunjung dikenakan biaya tiket masuk yang nilainya Rp5.000.

Selagi berada di Ranu Gumbolo, Anda juga bisa menyempatkan waktu untuk berkunjung ke Waduk Wonorejo. Waduk ini lokasinya tak begitu jauh dari Ranu Gumbolo. Jadi, sayang kalau dilewatkan begitu saja. Selamat liburan, ya.