Ranu Grati Pasuruan, Danau Cantik dengan Pemandangan Matahari Terbenam Memukau

Berada di kawasan dataran tinggi, Pasuruan memang punya alam yang cantik. Ranu Grati Pasuruan adalah salah satu dari banyak lokasi wisata alam cantik yang dapat dijumpai di kota ini. Secara khusus, danau ini menjadi destinasi menarik bagi para pemburu foto matahari terbenam.

Ketika berada di sini, Anda bisa melihat pemandangan matahari terbenam yang berhiaskan dengan siluet pemandangan gunung di kejauhan. Dengan langit berwarna jingga, pemandangan tersebut bakal menghadirkan rasa takjub yang tak pernah habis.

Ranu Grati Pasuruan
via @ciput_ranoe

Selama berada di sini, para pengunjung juga bisa menyibukkan diri dengan berbagai aktivitas. Kegiatan pertama tentu saja adalah hunting foto. Kalau sudah bosan, bisa pula menyempatkan waktu untuk berkeliling danau menggunakan perahu yang telah disediakan oleh pengelola Ranu Grati Pasuruan.

Menghabiskan waktu bersama pasangan di sini pun akan terasa sangat romantis. Anda bisa menghabiskan waktu untuk naik sepeda air berdua. Kalau mau, bisa pula memancing. Kalau sudah bosan, Anda bisa mengajak pasangan bersantai di tepi danau.

Sejarah Ranu Grati Pasuruan

Meski memiliki pemandangan menarik, danau ini juga menyimpan sisi misteri tersendiri. Konon, terdapat tokoh sakti bernama Begawan Nyampo yang berasal dari Kerajaan Majapahit menjadi sosok kemunculan danau ini.

Saat itu, Begawan Nyampo tengah mencari pembunuh anaknya yang konon berasal dari Desa Kademangan Klindungan. Dia pun menantang siapapun dari desa untuk mencabut tongkat yang telah ditancapkannya. Siapapun yang berhasil mencabut tongkat, bakal menjadi lawan tandingnya.

Ranu Grati Pasuruan
via pasuruan-travel

Berbagai tokoh dari desa pun berusaha untuk mencabut tongkat. Namun, usaha itu sia-sia. Hingga akhirnya, Begawan Nyampo sendiri yang mencabut tongkat itu. Ketika tongkat telah dicabut, ada sebuah keajaiban. Dari lokasi pencabutan tongkat, tiba-tiba muncul sumber mata air yang deras dan akhirnya menggenangi desa. Danau itulah yang kini dikenal sebagai Ranu Grati Pasuruan.

Cara Menuju Lokasi Ranu Grati Pasuruan

Desa ini berlokasi di antara 3 desa yang ada di Kabupaten Pasuruan yakni Desa Sumberdawesari, Desa Gratitunon, serta Desa Ranuk Lindungan. Untuk menuju ke sini, Anda harus menggunakan kendaraan pribadi dan menempuh 30 menit perjalanan dari pusat Kota Pasuruan.