Puncak B29 Lumajang, Wisata Negeri di Atas Awan Milik Jawa Timur

Salah satu tempat terbaik untuk menikmati keindahan Alam Jawa Timur adalah di Puncak B29 Lumajang. Selain hawa dingin yang merasuk kulit, keindahan yang tercipta di Puncak B29 akan menjadi pemandangan yang tidak Anda dapatkan di tempat lain.

Berada di kawasan agronomi di perbatasan Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang dan Desa Ngadirejo, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Puncak B29 adalah tempat terbaik untuk menyaksikan keindahan sisi lain kawasan Taman Nasional Bromo, Tengger, Semeru.

Puncak B29 Lumajang
by Annora Azzahra

baca juga: Pemandian Mata Air Kalireco Malang, Pemandian yang Alami dan Menyegarkan

Berada di ketinggian sekitar 2900 mdpl, dari Puncak B29 akan terlihat indah panorama kaldera dan lautan pasir Gunung Bromo yang tampak berselimut awan dengan gumpalan-gumpalan yang memukau. Itulah mengapa banyak yang menyebut Puncak B29 serasa negeri di atas awan.

Tak hanya itu, keindahan sunset dan sunrise dari sela-sela Gunung Bromo dan Gunung Semeru juga tampak memukau jika dilihat dari Puncak B29. Sungguh pemandangan yang cantik dan luar biasa.

Puncak B29 Lumajang
by Fitrannisa (annis)

Kegiatan lain yang dapat dilakukan di kawasan ini adalah camping atau berkemah. Mendirikan kemah dalam balutan pekatnya kabut yang dingin bisa menjadi pengalaman tak terlupakan ketika berada di Puncak B29 Lumajang.

Tak perlu khawatir kelaparan, karena sudah ada beberapa warung milik warga yang menyediakan makanan dan minuman. Namun fasilitas untuk kebersihan seperti toilet masih belum tersedia karena masih dalam tahap pembangunan.

Puncak B29 Lumajang
by noven

Cara Menuju Lokasi Puncak B29 Lumajang

Anda bisa menuju ke Puncak B29 Lumajang dari arah Malang ataupun Lumajang. Jika dari Malang maka rutenya melewati Kecamatan Tumpang menuju Gubug Klakah Poncokusumolalu menuju Desa Ngadas hingga sampai pertigaan Jemplang ambil lurus saja. Sebelum Desa Ranupani ada pertigaan, pilih arah kiri menuju Desa Argosari.

baca juga: Air Terjun Sumber Pitu Pujon, Air Terjun Mengagumkan di Malang

Jika dari Lumajang, maka arahkan kendaraan menuju Kecamatan Senduro lalu menuju Desa Argosari. Hingga sampai Puncak B29 setidaknya menempuh jarak sekitar 60 kilometer. Di sepanjang perjalanan, mata Anda akan disuguhi areal perkebunan milik rakyat. Berbagai tanaman sayuran nampak tumbuh dengan subur.

Tiket Masuk Puncak B29 Lumajang

Sebelum sampai di Puncak B29 Lumajang, pengunjung harus melewati pos perijinan untuk membayar retribusi sebesar Rp 3.000. Perjalanan menuju puncak dari pos retribusi menempuh jarak sekitar 2 kilometer.

Anda bisa naik menuju Puncak B29 dengan berjalan kaki. Atau bagi yang tidak ingin terlalu lelah menapaki jalanan yang menanjak, Anda bisa menyewa ojek dengan tarif Rp 25.000 hingga Rp 50.000.