Pulau Bawean Gresik, Surga di Tengah Kota Industri yang Panas

Pulau Bawean Gresik seolah menjadi wisata pemanis di tengah kota panas yang terkenal sebagai sebuah kota industri. Pulau Bawean pun sudah dari dulu dikenal karena keindahan alamnya. Hanya saja, masalah keterbatasan fasilitas kerap menjadi kendala dalam mengembangkan daerah tersebut.

Senja di Pulau Bawean Gresik via Rusa Bawean
Senja di Pulau Bawean Gresik via Rusa Bawean

Keindahan alam di Pulau Bawean Gresik pun tak hanya ada di satu tempat. Di sekitar Pulau Bawean, terdapat beberapa pulau kecil yang mempunyai pemandangan cantik. Akses menuju ke sana pun cukup mudah. Terlebih penduduk Pulau Bawean dikenal sangat ramah dalam menyambut kedatangan para wisatawan.

Pulau Noko dan Pulau Noko Selayar

Di Bawean, terdapat dua pulau kecil yang keindahannya banyak dilirik oleh para wisatawan lokal. Dua pulau kecil itu adalah Pulau Noko dan Pulau Noko Selayar. Untuk menuju ke kedua pulau itu, para traveler pun harus menyewa perahu milik nelayan. Tarif menyewa pun bisa dilakukan secara langsung ditempat.

Pulau Noko Selayar di Pulau Bawean Gresik
Pulau Noko Selayar di Pulau Bawean Gresik via intaninchan.wordpress.com

Kedua pulau ini lokasinya berdekatan. Kedua pulau ini pun mempunyai ciri khas dengan pasir pantainya yang putih dan lembut. Tak hanya itu, kedua pulau ini juga terkenal mempunyai keindahan alam bawah laut yang mengagumkan. Jadi, jangan lupa membawa peralatan snorkeling pada saat berkunjung ke tempat ini.

Cara menuju Pulau Bawean Gresik lebih mudah

Namun seiring dengan berjalannya waktu, pemerintah setempat pun mulai berbenah. Akses menuju ke Pulau Bawean Gresik pun dipermudah. Selain bisa menggunakan jalur laut, kini para traveler juga bisa memilih untuk menggunakan jalur udara untuk menuju ke Bawean.

Baca juga: Liat Patung Budha Tidur Gak Perlu Jauh-jauh ke Thailand, di Mojokerto Juga Ada Lho!

Bandara Udara Harun Thohir di Bawean baru saja diresmikan pada awal tahun ini. Dan untuk keberangkatannya, bisa menggunakan pesawat perintis dari Bandara Internasional Juanda di Surabaya. Tarif pesawat berkisar di angka 300 ribu rupiah per orang.

Jalur penerbangan menuju ke Pulau Bawean Gresik ini tidak berjalan setiap hari. Rute penerbangan yang dilayani oleh Maskapai Airfast Indonesia ini hanya berjalan pada hari Selasa dan Kamis.

Selain lewat udara, tentunya bisa juga lewat jalur laut melalui Pelabuhan Gresik ataupun Paciran, Lamongan. Untuk kapal yang berangkat dari Paciran dipatok dengan banderol lebih murah dan bisa pula membawa motor. Sementara kalau dari pelabuhan Gresik, harga tiket termahalnya di angka 160 ribuan.

Penginapan di Pulau Bawean Gresik

Jangan pula khawatir kalau ingin menginap beberapa malam di Pulau Bawean Gresik. Saat ini, terdapat setidaknya 8 penginapan di pulau tersebut. Penginapan-penginapan tersebut pun bisa dijumpai di kawasan pemukiman penduduk. Dan harganya juga cukup ramah di kantong, bahkan bisa nego juga lho.