Petualangan Liburan Asyik di Bali, Mencoba Arung Jeram Sungai Ayung

Bagi anda yang sedang bingung mencari cara asyik untuk liburan, maka cobalah untuk datang ke Pulau Bali. Pulau Bali menawarkan beragam objek wisata. Arung Jeram Sungai Ayung menjadi satu dari sekian banyak aktivitas seru sekaligus menantang yang bisa dilakukan ketika berlibur ke Pulau Dewata Bali.

Bagi anda yang merupakan pecinta olahraga rafting atau arung jeram, anda dapat menjadikan kegiatan Arung Jeram Sungai Ayung ini sebagai alternatif liburan. Anda dapat merasakan serunya menyusuri sungai dengan aliran airnya yang deras serta melewati bebatuan besar. Tentunya hal tersebut dapat memacu adrenalin anda.

Arung Jeram Sungai Ayung

Sungai Ayung ini adalah salah satu sungai yang dijadikan sebagai destinasi wahana olahraga air rafting. Banyak perusahaan menyedikan jasa rafting di Sungai Ayung. Jadi, jika anda tertarik untuk mencoba betapa serunya Arung Jeram Sungai Ayung anda dapat melakukan reservasi pada perusahaan-perusahaan provider rafting.

Sebelum anda terjun melakukan rafting, anda akan diberi instruksi terlebih dahulu mengenai prosedur rafting. Setelah itu anda akan diberi perlengkapan rafting terlebih dahulu untuk keamanan anda, seperti helm, jaket pelampung, dan sandal sungai. Kemudian anda akan diajak melakukan pemanasan terlebih dahulu agar tubuh tidak kaku. Dan selajutnya anda akan mulai menaiki boat yang biasanya berkapasitas 5 orang yang sudah termasuk dengan instrukturnya juga.

Sungai Ayung memiliki tingkat kesulitan untuk rafting pada kelas II – III, dimana artinya Sungai Ayung cocok bagi para pemula yang ingin mencoba aktivitas olahraga air arung jeram. Sungai Ayung memang tercatat memiliki panjang aliran sungai hampir sekitar 63 Km jauhnya. Namun, untuk trek arung jeramnya anda akan menempuh sejauh 12 Km dengan waktu trek sekitar 2 jam.

Dengan waktu tersebut dipastikan anda akan merasa puas menyusuri Sungai Ayung dengan segala tantangan seru yang anda lewati. Debit air Sungai Ayung relatif tetap standard dan juga mengalir deras sepanjang harinya. Ketika anda melakukan kegiatan arung jeram anda juga akan ditemani oleh pemandangan sekeliling yang indah.

Pemandangan Indah Selama Arung Jeram Sungai Ayung

Pemandangan sepanjang trek terbilang masih alami dan banyak juga ditemui bangunan hotel, villa, resort. Yang membuat Sungai Ayung sedikit berbeda dari sungai-sungai yang lainnya adalah, banyak ditemui relief berupa pahatan yang menderitakan cerita Ramayana. Pemandangan seperti sangat jarang sekali terdapat di sekitar sungai lainnya. Selain itu, Sungai Ayung juga memiliki beberapa air terjun kecil.

Provider Arung Jeram Sungai Ayung

Banyak provider rafting yang bisa anda hubungi untuk membantu anda mendapatkan pengalaman bermain arung jeram. Seperti, Sobek Rafting Ubud, Toekad rafting, Red Paddle, dan masih banyak lagi. Rata-rata harga yang diberikan sekitar mulai dari IDR 275.000 – IDR 400.000 an, bahkan ada juga harga yang lebih dari itu.

Biasanya para perusahaan provider rafting tersebut akan mengakhiri kegiatan rafting ini dengan makan siang. Anda bisa mendapatkan layanan makan siang di restoran dengan sistem buffet, tergantung ketentuan masing-masing perusahaan.

Lokasi Sungai Ayung

Jika anda ingin tahu, Sungai Ayung ini berada di Desa Payangan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali. Jika anda bergabung dengan perusahaan provider rafting yang memberikan layanan antar jemput hotel, anda tidak akan perlu kesusahan mencari lokasinya. Rafting atau arung jeram Sungai Ayung ini juga menjadi salah satu destinasi liburan yang pas untuk keluarga. Anda bisa menjadi satu tim dalam boat selama rafting dengan keluarga, sehingga akan terasa lebih menyenangkan.