Pesona Wisata Alam Air Terjun Curug Pitu Banjarnegara

Air Terjun Curug Pitu Banjarnegara jadi tempat wisata alam yang menarik di Banjarnegara, Jawa Tengah. Wisata air terjun ini merupakan tempat favorit keluarga untuk menghabiskan masa liburan. Bermain di bawah guyuran air terjun tentu sangat menyenangkan untuk menghilangkan penat.

Air terjun ini diberi nama Air Terjun Curug Pitu Banjarnegarakarena memiliki tujuh buah curug (air terjun) yang tersusun bertingkat dari atas ke bawah. Di setiap tingkatan curug, terdapat keistimewaan yang berbeda-beda sehingga bernilai sangat eksotis dengan keindahan yang alami.

air terjun curug pitu banjarnegara
Instagram photo by Rudi Hartanto

Dari curug tingkat pertama, pengunjung dapat menyaksikan air terjun yang debet airnya cukup besar. Di sebelah kanan kiri air terjun ditumbuhi pepohonan rindang dan rimbun. Banyak pula pohon durian yang tumbuh di sekitar lokasi air terjun.

Jika ingin naik ke tingkat lebih atas, Anda dapat mendaki jalan setapak yang berada di sebelah kanan. Terdapat tangga yang mempermudah pengunjung untuk naik. Sekitar tiap 50 meter, terdapat jalan setapak mendaki untuk melanjutkan ke tingkat curug selanjutnya.

air terjun curug pitu banjarnegara
Instagram photo by MAS NDANK

baca juga: Arung Jeram Serayu Banjarnegara, Wisata Ekstrem yang Menantang

Pecinta hobi petualang ataupun trekking pasti sangat menikmati suasana di Curug Pitu. Karena lokasinya yang masih asri dan alami bisa membuat fresh pikiran. Yang suka berkemah terkadang juga memilih untuk menghabiskan malam di lokasi curug untuk menyaksikan momen saat matahari muncul dari balik gunung. Keindahan saat sunrise inilah menjadi momen berharga yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Air yang mengalir dari Curug Pitu sangatlah jernih dan dingin khas air pegunungan. Curug teratas yakni curug ketujuh memiliki tinggi sekitar 20 meter. Air yang mengucur deras dari atas sangat sesuai untuk mandi dengan guyuran airnya. Untuk mencapai tingkatan yang paling atas, harus ekstra hati-hati ketika menapaki jalan setapak yang ada.

air terjun curug pitu banjarnegara
Instagram photo by kartiko dnugroho

baca juga: Curug Sikopel Banjarnegara, Air Terjun Keren untuk Lokasi Foto Selfie

Karena lokasinya berdekatan dengan pusat perkebunan salak pondoh, jangan sampai meninggalkan lokasi tanpa membeli buah tangan terlebih dahulu. Jika musim durian, pedagang durian juga banyak menjajakan durian sepanjang jalan.

Beberapa sarana dan fasilitas penunjang pariwisata sudah dibangun di sekitar lokasi seperti area parkir, toilet, kamar bilas, mushola ataupun tempat makan. Namun begitu kondisinya memang kurang memadai.

Lokasi Air Terjun Curug Pitu Banjarnegara

Air Terjun Curug Pitu Banjarnegara berlokasi di Desa Kemiri, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Cara Menuju ke Air Terjun Curug Pitu Banjarnegara

Akses jalan menuju lokasi Curug Pitu terbilang mudah meskipun jalan yang dilalui tidak begitu lebar namun masih bisa dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat. Walaupun jalan yang dilalui tak semulus dan selebar seperti jalan menuju ke kawasan Dieng, namun kondisi jalan sudah cukup memadai dengan balutan aspal hotmik. Sedangkan jalan menuju lokasi dari tempat parkir juga sudah disemen rapi.

Curug Pitu dapat ditempuh dalam jarak sekitar 10 kilometer dari kota Banjarnegara menuju arah timur. Dari pertigaan Jalan Tekidadi membutuhkan waktu sekitar 10-15 menit yang terdapat di jalan Provinsi Banjarnegara – Wonosobo. Lokasi Curug Pitu ditunjukkan oleh papan yang bertuliskan obyek wisata Curug Pitu yang ada tepat di samping Balai Desa Sigaluh yang juga sebagai tempat loket masuk. Tiket masuknya murah yakni 4 ribu rupiah saja.