Pesona Gunung Api Purba Nglanggeran Yogyakarta, Gunung Api Cantik di Gunungkidul

Ada banyak tempat menarik yang bisa Anda saksikan di Gunungkidul Yogyakarta. Gunung Api Purba Nglanggeran Yogyakarta menjadi salah satunya. Di tempat ini, para wisatawan bakal bisa menyaksikan pemandangan alam menakjubkan.

Gunung Api Purba Nglanggeran merupakan gunung berapi yang pernah aktif puluhan juta tahun lalu. Namun sekarang gunung api ini sudah dinyatakan tidak aktif lagi. Keunikan dari Gunung Api Purba Nglanggeran adalah bentuknya berupa bongkahan batu andesit raksasa yang membentang sepanjang 800 meter dengan ketinggian sekitar 300 meter. Kecantikan alami yang tampak bak lukisan inilah yang menjadikan Gunung Api Purba Nglanggeran selalu ramai didatangi wisatawan.

Gunung Api Purba Nglanggeran Yogyakarta
by INSTAGRAM JOGJAKU

Sejarah Gunung Api Purba Nglanggeran Yogyakarta

Di kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran ternyata terdapat beberapa macam gunung lain yang juga memiliki nilai sejarah yang tinggi, diantaranya :

  • Gunung Kelir, bentuknya menyerupai kelir dan diyakini warga sebagai tempat tinggal Ongko Wijoyo dan Punakawan.
  • Gunung Bongos, adalah gunung yang berwarna hitam seperti arang.
  • Gunung Buchu, bentuk gunungnya lancip. Konon dahulu berasal dari puncak Gunung Merapi yang dipindah oleh Punokawan.
  • Gunung Gedhe, adalah gunung terbesar di antara pegunungan lain yang berada dalam kawasan pegunungan Nglanggeran. Sering digunakan sebagai lokasi berkemah dan pemandangan di sini juga sangat indah.
  • Sumber Air Comberan, adalah mata air yang tak pernah surut meskipun musim kemarau. Merupakan tempat pertapaan orang-orang zaman dahulu.
  • Gunung Blencong, bentuknya menyerupai blencong yang dipakai sebagai lampu atau penerangan Kyai Ongko Wijoyo ketika bersama Punokawan.
Gunung Api Purba Nglanggeran Yogyakarta
by Marchamah Yusliimah
  • Tlogo Wungu, adalah telaga yang dipercaya merupakan pemandian bidadari. Konon hanya orang -orang yang berhati bersih yang dapat melihat keberadaan telaga ini.
  • Tlogo Mardhido. Telaga ini diyakini tempat pemandian kuda sembrani sebagai tunggangan bidadari. Konon di sini tapak kuda sembrani tersebut membekas di batu.

baca juga: Air Terjun Luweng Sampang, Wisata ala Grand Canyon Mini di Gunungkidul Yogyakarta

  • Talang Kencono adalah talang air yang berasal dari tlogo Mardhido hingga ke Jimatan Kotagedhe Yogyakarta.
  • Pemean Gadhung, adalah sebuah pohon gadung yang menurut mitosnya berujung hingga puncak Gunung Merapi. Kawanan monyet, ular dan kelelawar adalah penghuni kawasan ini.
Gunung Api Purba Nglanggeran Yogyakarta
by Wahyu Dani Irawan

Kecantikan alami yang tampak bak lukisan inilah yang menjadikan Gunung Api Purba Nglanggeran selalu ramai didatangi wisatawan. Jika datang kesini pastikan kamera Anda dalam posisi baterai full, karena keindahan yang Anda lihat tak cukup jika hanya dinikmati dengan mata namun juga harus dibingkai indah dalam jepretan kamera.

baca juga: Pantai Nglambor Gunungkidul, Pantai Snorkeling Menakjubkan di Yogyakarta

Lokasi dan Tiket Masuk Gunung Api Purba Nglanggeran Yogyakarta

Wisata Gunung Api Purba Nglanggeran dapat Anda temukan di Desa Nglanggeran, Kecamatan Pathuk, Kabupaten Gunung Kidul, DIY. Jaraknya sekitar 25 kilometer dari Yogyakarta atau 20 kilometer dari Wonosari. Harga tiket masuknya sebesar Rp 7.000 untuk sore dan Rp 9.000 pada malam hari serta harga tiket dapat berubah sewaktu-waktu.