Pemandian Banyu Biru Pasuruan, Kolam Peninggalan Kerajaan Majapahit yang Menyimpan Misteri

Berkunjung ke Pemandian Banyu Biru Pasuruan memberi pengalaman berwisata yang berbeda. Di sini, Anda tak hanya bisa merasakan kesegaran mandi di kolam air yang jernih dan berwarna biru. Di waktu yang sama, kolam pemandian ini merupakan kolam bersejarah yang merupakan peninggalan dari Kerajaan Majapahit.

Saat berkunjung ke Pemandian Banyu Biru Pasuruan, para wisatawan juga secara langsung merasakan suasana mistis yang dimilikinya. Sisi mistis tersebut terletak pada kondisi air yang selalu biru. Tidak hanya itu, para wisatawan juga dapat berenang bersama dengan ratusan ikan tombro yang jinak.

Pemandian Banyu Biru Pasuruan
via karnogp.blogspot.com

Oleh warga sekitar, ikan tombro berwarna hitam di sini disebut ikan keramat. Bahkan, banyak yang menganggap kalau ikan-ikan itu adalah ikan dewa. Karena itu, para pengunjung tak ada yang berani menyakiti atau mengambil ikan dari sini.

Selain itu, air di sini juga dipercaya memiliki khasiat tersendiri. Khasiat tersebut adalah kemampuan untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit serta sebagai obat awet muda. Hanya saja, pemandian ini ditujukan untuk wisatawan laki-laki. Pemandian air untuk perempuan tak bisa ditemukan.

Sejarah Pemandian Banyu Biru Pasuruan

Keberadaan Pemandian Banyu Biru Pasuruan bisa ditelusuri hingga zaman akhir masa pemerintahan Kerajaan Majapahit. Saat itu, kolam ini digunakan sebagai petirtaan. Setelah Majapahit runtuh, area di sekitar kolam dipakai sebagai tempat peristirahatan bangsawan dan para raja.

Di sekitar kolam pun bisa ditemui beberapa peninggalan Majapahit. Peninggalan tersebut berupa arca dalam berbagai bentuk. Beberapa peninggalan tersebut adalah volkaring berbahasa Belanda, prasasti dengan huruf Jawa bertahun 1847, patung Batara Siwa, patung Ganesha, serta patung 2 ekor naga yang saling membelit.

Pemandian Banyu Biru Pasuruan-1
via Kompasiana

Selain itu, kawasan ini juga sering menjadi destinasi wisata religi bagi para pemeluk agama Hindu yang berasal dari Bali. Biasanya, mereka menyempatkan waktu datang ke sini ketika perayaan Hari Raya Kuningan.

Cara Menuju Lokasi Pemandian Banyu Biru Pasuruan

Tempat wisata alam ini berlokasi diDesa Sumberejo yang masuk dalam wilayah administratif Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan. Cara paling mudah ke sini adalah dengan kendaraan pribadi.

Tiket Masuk Pemandian Banyu Biru Pasuruan

Bagi para pengunjung akan dikenakan tarif masuk. Tenang saja, tiket masuk ke sini sangat murah, hanya Rp5 ribu. Untuk jam bukanya, tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari dari pukul 8 pagi sampai 5 sore.