Melepas Lelah di Pemandian Air Panas Pacitan, Menyehatkan Juga Lho!

Pacitan ternyata menyimpan sejuta pesona. Siapa sangka Kabupaten yang terletak di Propinsi Jawa Timur ini, juga memiliki wisata alam untuk kebugaran dan kesehatan. Tepatnya di pemandian air panas Pacitan atau biasa disebut Pemandian Air Hangat Tirto Husodo. Konon di sini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit.

Air di Pemandian Air Panas Pacitan ini berbeda dengan di pemandian air panas lainnya. Air disini sangat jernih meskipun kadar belerangnya cukup tinggi. Warna airnya tidak kekuningan seperti air yang mengandung belerang pada umumnya, dan bahkan tidak memerlukan kaporit sebagai penjernih air.

baca juga: Pantai Buyutan, Satu Lagi Pesona Pantai Alami yang Indah di Pacitan

Di Pemandian Air Panas Pacitan, terdapat 4 buah kolam air hangat dan satu tempat spa air hangat. Dua kolam renang untuk dewasa seluas 11 meter x 17 meter dengan kedalaman 1,4 meter. Satu kolam renang tanggung seluas 8 meter x 12 meter dengan kedalaman 1 meter. Dan satu kolam renang untuk anak-anak dengan ukuran 12 meter x 6 meter dan kedalaman 50 cm. Sedangkan untuk kolam spa disediakan untuk menampung hingga 15 orang.

Pemandian air panas Pacitan
Pemandian air panas Pacitan via Tripadvisor

Karena airnya hangat, tempat ini sangat cocok dan menyenangkan untuk berenang atau sekedar berendam. Oleh karenanya, banyak pengunjung yang rela berlama-lama berendam dalam air hangat untuk relaksasi dan terapi kesehatan. Jika Anda ingin berenang tetapi lupa tidak membawa pakaian renang, Anda bisa menyewa pakaian renang ataupun ban pelampung dengan harga terjangkau di beberapa warung di sekitar kolam.

Selepas berenang dan berendam, Anda bisa membilas diri di tempat yang telah disediakan. Air bilasan yang digunakan juga air hangat. Sebelum pulang, jangan lupa mencicipi dulu makanan ringan atau jajanan yang dijual di warung-warung sekitar lokasi sambil menikmati pemandangan alam pegunungan.

Lokasi Pemandian Air Panas Pacitan

Buka setiap hari pada pukul 08.00 – 17.00 WIB, Pemandian air panas Pacitan terletak di Desa Karangrejo, Kecamatan Arjosari, Pacitan. Atau sekitar 15 km sebelah utara pusat kota Pacitan. Pengunjung yang hendak ke Pemandian Air Panas Pacitan disarankan membawa kendaraan pribadi karena tidak ada angkutan umum menuju tempat wisata.

Pengunjung yang meramaikan pemandian air panas Pacitan
Pengunjung yang meramaikan pemandian air panas Pacitan via Pacitanku

baca juga: 7 Tempat Wisata di Pacitan untuk Kamu Pecinta Pantai

Rute menuju Pemandian Air Panas Pacitan

Ada 2 rute yang bisa Anda tempuh,

  • Pertama, jika Anda dari arah Kota Pacitan, silahkan ambil jalur jalan raya Pacitan-Ponorogo ketika sampai dipertigaan sebelah timur pasar Arjosari, Anda ambil jalur kekiri (ada papan petunjuk jalan). Sesampainya di pertigaan Jatimalang, Anda ambil jalur lurus ke arah Pemandian Air Panas.
  • Rute kedua, jika Anda dari arah Kota Ponorogo, tepat di depan Koramil Arjosari ada pertigaan silahkan ambil jalur kekanan. Dari situ ikuti saja penunjuk jalan ke arah Pemandian Air Panas Pacitan.

Tiket Masuk Pemandian Air Hangat Pacitan

Harga tiket masuk pemandian sangat terjangkau. Yakni Rp 10 ribu untuk orang dewasa dan Rp 5 ribu untuk anak-anak dan berlaku hanya untuk satu kali masuk (sudah termasuk asuransi Jasa Raharja). Setelah mendapatkan tiket masuk, pengunjung bisa langsung menuju tempat pemandian dengan melewati anak tangga sepanjang 100 meter.