Pelabuhan Brondong Lamongan, Lokasi Wisata Belanja Ikan Laut Segar di Jawa Timur

Pelabuhan Brondong Lamongan menjadi persinggahan seru ketika bepergian ke Jawa Timur. Pelabuhan yang terletak di pesisir utara Pulau Jawa ini menjadi tempat tepat untuk berburu ikan laut segar. Terdapat dua pelabuhan yang bisa dijumpai di sini, yakni Wisata Boom Lawas dan Wisata Boom Anyar.

Pelabuhan Brondong Lamongan

Wisata Boom Lawas merupakan Pelabuhan Brondong lama yang hingga kini masih tetap beroperasi. Pelabuhan ini digunakan sebagai lokasi pelelangan ikan hasil tangkapan para nelayan. Ratusan kapal pun setiap hari berkumpul di sini dengan hasil tangkapan ikan mencaiap lebih dari 30 ribu ton.

Sementara itu, Wisata Boom Anyar merupakan pelabuhan baru yang mulai beroperasi pada tahun 2016. Tempat ini memiliki area yang lebih tertata dan ramah wisatawan. Para pengunjung menggunakan kesempatan berkunjung ke sini untuk melihat pemandangan laut sembari menengok warna-warni kapal nelayan yang tengah bersandar.

Waktu Terbaik Berkunjung ke Pelabuhan Brondong Lamongan

Momen terbaik untuk berkunjung ke Pelabuhan Brondong Lamongan pun bisa disesuaikan dengan tujuan. Kalau ingin berbelanja ikan, waktu terbaik datang ke sini adalah pagi hari. Tempat pelelangan ikan di Wisata Boom Lawas buka setiap hari, dengan waktu antara pukul 5 pagi hingga 18 sore. Hanya saja, semakin sore, semakin sedikit pula pilihan ikan yang bisa dibawa pulang.

Pelabuhan Brondong Lamongan

Selain itu, Wisata Boom Lawas di Pelabuhan Brondong Lamongan juga kerap menjadi pilihan berburu foto human interest. Untuk aktivitas seperti ini, momen terbaiknya juga pagi hari. Saat paling ramai ketika para nelayan baru saja sampai dan melelang ikan hasil tangkapannya.

Sementara itu, wisatawan yang datang ke Wisata Boom Anyar Pelabuhan Brondong Lamongan banyak yang memilih datang di sore hari. Pada momen tersebut, mereka bisa menyaksikan keindahan langit jingga yang diwarnai dengan matahari terbenam.

Lokasi Pelabuhan Brondong Lamongan

Untuk mencapai pelabuhan ini tidak sulit. Hanya saja, akses transportasi umum menuju ke sana sangat kurang. Oleh karena itu, pilihan terbaik yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi atau sewa. Alternatifnya, bisa pula menggunakan layanan taksi online.

Untuk lokasi keberangkatan, Anda bisa menuju ke Pelabuhan Brondong Lamongan dari Gresik atau Surabaya. Dari arah sebaliknya, yakni Tuban, juga bisa. Caranya tinggal menyusuri jalan sepanjang pantai utara Pulau Jawa.