Pantai Wedi Ombo Gunungkidul, Pantai Unik dengan Kolam Renang Alami di Yogyakarta

Deretan pantai indah banyak dijumpai di pesisir selatan Pulau Jawa. Termasuk di antaranya adalah Pantai Wedi Ombo Gunungkidul. Pantai ini memiliki keunikan tersendiri karena batu karang yang ada di sepanjang pantai. Menariknya, batu karang tersebut memunculkan fenomena unik berupa kolam renang alami. Keren loh!

Pantai yang satu ini memang menjadi destinasi wisata terkenal karena deretan batu karang yang ada di sana. Dulunya, pantai ini hanya ramai dikunjungi oleh masyarakat sekitar. Saat ini, kondisinya telah berubah. Pantai Wedi Ombo Gunungkidul bertransformasi menjadi destinasi wisata yang ramai dikunjungi wisatawan. Utamanya adalah para wisatawan lokal.

baca juga: Watu Payung Panggang Gunungkidul, Pemandangan Sunrise di Sini WOW Banget!

Pantai Wedi Ombo Gunungkidul
Instagram photo by Danang Ifantri

Aktivitas di Pantai Wedi Ombo Gunungkidul

Mereka yang datang ke Pantai Wedi Ombo Gunungkidul ini kebanyakan adalah para pemancing. Keberadaan batu karang tepi pantai menjadi lokasi yang asyik untuk bersantai sembari melempar kail. Terlebih, memancing di sini juga dibarengi dengan suguhan pemandangan alam yang indah. Tidak heran, para pemancing betah berlama-lama di sini.

baca juga: Pantai Watu Lumbung, Wisata Pantai Gunung Kidul yang Mengagumkan

Selanjutnya, aktivitas yang tidak kalah seru di Pantai Wedi Ombo adalah berenang. Bukan hanya berenang di tepi pantai biasa, melainkan merasakan pengalaman seperti berenang di kolam renang alami. Keberadaan batu karang yang ada di pantai ini memang memberikan sarana tersebut.

Pantai Wedi Ombo Gunungkidul
Instagram photo by Irsyad Mirdan Finanda

Kolam alami yang ada di Pantai Wedi Ombo Gunungkidul ini juga cukup dalam, mencapai kedalaman 1,5 meter. Jadi, Anda harus tetap berhati-hati selama berenang di sini. Terlebih kalau datang ke sini dengan membawa anak-anak. Mereka harus terus dalam pantauan.

Bagi para fotografer dan penikmat pemandangan matahari terbenam, Pantai Wedi Ombo Gunungkidul juga menjadi tempat yang menarik. Lokasi pantai yang menjorok ke arah barat, memberikan posisi yang tepat untuk menyaksikan keindahan alam di sore hari. Sebagai tambahan, keberadaan kolam alami di sini semakin mempercantik pemandangan Pantai Wedi Ombo saat diabadikan dalam sebuah jepretan kamera.

Pantai Wedi Ombo Gunungkidul
Instagram photo by @zaen_ilyas

Hanya saja, ada yang kurang saat berkunjung ke sini. Pantai ini memang memiliki nama Pantai Wedi Ombo Gunungkidul, yang artinya pantai pasir luas. Namun, kenyataannya pantai ini memiliki hamparan pasir yang tidak luas. Kontras dengan namanya. Jadi, jangan tertipu dengan nama tempat ini, ya!

Pantai Wedi Ombo Gunungkidul
Instagram photo by Deon

Lokasi Pantai Wedi Ombo Gunungkidul

Pantai ini terletak di Desa Jepitu yang masuk dalam kawasan Kecamatan Girisubo di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Rute Menuju Pantai Wedi Ombo Gunungkidul

Bagi traveler yang tertarik menuju ke sini tidak terlalu sulit. Anda bisa memilih jalur perjalanan ke arah Wonosari hingga melintasi Pasar Wonosari. Selanjutnya, perjalanan diteruskan menuju arah Pantai Baron. Saat sampai di pertigaan, akan ada papan penunjuk menuju lokasi Pantai Wedi Ombo Gunungkidul yang bisa diikuti.