Pantai Watu Karung Pacitan, Keindahan Surga Tersembunyi di Jawa Timur

Menyebut Pantai Watu Karung Pacitan sebagai surga yang tersembunyi di Jawa Timur memang tidak berlebihan. Pantai Watu Karung ini memang layak untuk disetarakan keindahannya dengan pantai-pantai lain yang sudah lebih dulu terkenal di Pacitan.

Pantai yang berlokasi di kampung halaman mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini mulai populer dan banyak dikunjungi dalam beberapa tahun terakhir. Fasilitas untuk para pengunjung pun masih minim. Meski begitu, hal ini tidak menghentikan kedatangan para wisatawan yang ingin menyaksikan keindahan Pantai Watu Karung Pacitan.

Keindahan Terselubuh di Watu Karung

Daya tarik utama yang dimiliki oleh Pantai Watu Karung Pacitan di Jawa Timur ini adalah gulungan ombaknya yang tinggi. Pantai Watu Karung ini menawarkan lokasi olahraga surfing yang tidak kalah jika dibandingkan dengan pantai-pantai cantik yang dikunjungi oleh para turis di Pulau Bali.

Gulungan ombak tinggi di Pantai Watu Karung Pacitan
Gulungan ombak tinggi di Pantai Watu Karung Pacitan via indonesiakusatuhati.blogspot.com

baca juga: Pantai Klayar Pacitan, Pantai dengan Pemandangan Fantastis dan Unik

Popularitas Pantai Watu Karung ini tidak hanya dinikmati oleh para wisatawan lokal. Mereka yang datang dari luar negeri pun banyak yang turut mencicipi keindahan pantai di sana. Terlebih pantai ini sempat mewarnai cover majalah untuk para pecinta sufing internasional, Waves. Sejak itu, para bule pun banyak yang membanjiri tempat ini.

Pantai Watu Karung Pacitan dengan pasir putih serta air laut yang bening
Pantai Watu Karung Pacitan dengan pasir putih serta air laut yang bening via ngclarabelle.wordpress.com

Di tempat ini, para pengunjung pun tidak hanya bisa melihat gulungan ombak yang tinggi. Pantai Watu Karang Pacitan ini juga mempunyai pasir putih dengan air laut yang bersih. Deretan batu karang pun semakin mempercantik pemandangan di sini. Tak ketinggalan, beberapa pohon hijau juga ikut mewarnai.

Lokasi Pantai Watu Karung Pacitan Jawa Timur

Pantai Watu Karung Pacitan ini terletak di Desa Watu Karung di Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan. Lokasinya berjarak sekitar 40 kilometer dari pusat kota Pacitan. Dan satu-satunya cara untuk bisa menuju ke lokasi pantai ini adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi. Untuk masalah penginapan, jangan khawatir, ada beberapa warga setempat yang menyediakan cottage sebagai lokasi bermalam.

Sunset di Pantai Watu Karung Pacitan
Sunset di Pantai Watu Karung Pacitan via chez-space.blogspot.co.id

baca juga: Kedung Entong Blitar, Air Terjun Tersembunyi yang tak Semua Orang Tahu

Cara menuju Pantai Watu Karung Pacitan

Para pecinta pantai yang ingin ke sini, jangan khawatir. Rute menuju ke pantai ini sudah cukup bagus. Kalau datang dari sebelah timur Pacitan, bisa melewati rute Ponorogo – purwantoro – Nawangan – Arjosari – Pacitan.

Sementara itu kalau berangkat dari arah barat, bisa berkunjung ke tempat ini melalui kota Solo dan melewati Pantai Teleng Ria. Selanjutnya, para traveler haru melintasi area hutan yang lebat untuk bisa sampai di Kecamatan Pringkuku, Pacitan.