Pantai Ujung Genteng, Pantai Berpasir Putih di Ujung Selatan Sukabumi

Bagian ujung selatan Sukabumi, Jawa Barat, memiliki deretan pantai-pantai yang sangat eksotis untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Pantai Ujung Genteng yang tepat berada di kawasan alam Ujung Genteng, Kecamatan Ciracap. Sesuai dengan namanya, pantai ini memang memiliki hamparan pasir putih. Selain itu, pantai ini juga memiliki pasir yang bertekstur lembut dan sangat nyaman saat kaki kita menyentuhnya. Kelembutan pasir di pantai ini bisa dinikmati pengunjung sambil berjalan-jalan di sepanjang garis pantai yang panjangnya mencapai sekitar 3 km

Pantai Ujung Genteng

Selain menawarkan permukaan pasir yang lembut, Pantai Ujung Genteng juga memiliki ombak yang besar khas laut selatan Jawa. Gulungan ombak yang tersaji bahkan bisa mencapai 3 meter. Berada di Pantai Pasir Putih pengunjung seperti berada di kawasan yang belum banyak tersentuh tangan manusia.

Daya Tarik Pantai Ujung Genteng

Daya Tarik Pantai Ujung Genteng

Daya Tarik Pantai Ujung Genteng memang memiliki pesona pantai yang cantik. Pantai ini memiliki pasir putih dengan garis pantai yang sangat panjang. Angin sepoi-sepoi lembut dan pasirnya yang putih bersih bakal membuat Anda betah berlama-lama di pantai ini. Meski Pantai Ujung Genteng termasuk salah satu pantai selatannya Jawa Barat, tapi ombaknya tidak terlalu ganas berkat hamparan batu karang yang berdiri kokoh nggak jauh dari pantai, jadi bisa berenang atau bermain air sepuasnya. Pantai ini memang dikenal sebagai pantai dimana banyak terdapat spesies penyu endemik. Penyu hijau merupakan jenis penyu yang paling banyak dijumpai di pantai ini.

Harga Tiket masuk dan Biaya Penginapan

Harga Tiket masuk dan Biaya Penginapan

Setelah sampai di pintu masuk daerah Pantai Ujung Genteng Sukabumi, kami dikenakan biaya Rp. 10.000,-/orang (motor tidak dihitung). Di sepanjang pesisir pantai banyak yang menawarkan penginapan, kami memutuskan untuk menyewa penginapan dikenakan biaya Rp. 250.000,-/malam.

Lokasi Pantai Ujung Genteng

 

Lokasi Pantai Ujung Genteng

 

Lokasi Pantai Ujung Genteng terletak di bagian paling selatan Sukabumi dan ujung barat dari pulau Jawa. Lokasi ini berbatasan langsung dengan samudera  Hindia. Lokasi tepatnya berada di alamat: Desa Gunung Batu, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat

Rute menuju Pantai Ujung Genteng

 

Rute Menuju Pantai Ujung Genteng

 

Rute Menuju Pantai Ujung Genteng yang bisa Anda pilih. Rute pertama adalah Jakarta-Ciawi-Cicurug-Cibadak-Pelabuhan Ratu- Cikembar-Jampang Kulon-Surade-Ujung Genteng dengan jarak tempuh sekitar 2,5 jam, itu kalo nggak terjadi kemacetan parah di sekitar Sukabumi. Sementara rute kedua bisa kamu ambil kalo berangkat dari Bandung, yaitu Bandung-Cianjur-Sukabumi-Jampang Tengah-Jampang Kulon-Surade-Ujung Genteng. Jarak antara Bandung-Pantai Ujung Genteng adalah sekitar 230 km dan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 3 – 4 jam perjalanan.