Pantai Srau Pacitan, Gak Kalah Indah dengan Pantai Klayar Nih!

Pantai Srau Pacitan memang belum sepopuler Pantai Klayar. Namun demikian, kecantikan Pantai Srau tidak kalah dengan Pantai Klayar. Pantai Srau Pacitan memiliki tiga lokasi pantai dengan ciri khas tersendiri. Pantai ini pun layak disebut sebagai salah satu pantai yang cantik dan menawan yang ada di Kabupaten Pacitan.

Di lokasi pertama, Anda dapat melihat dan merasakan pasir putih yang terhampar luas di sini bertekstur sehalus bedak. Yang dipadukan dengan buih putih ombak dari Laut Selatan yang menggerus, menjadikan sensasi bermain di pantai yang luar biasa. Pantainya lebih landai dan cocok untuk berfoto dan melihat sunrise.

baca juga: 7 Tempat Wisata di Pacitan untuk Kamu Pecinta Pantai

Di lokasi kedua, pasir disini sedikit lebih kasar dan banyak batu karang yang berjejer sehingga Anda dapat bermain air lebih aman. Disini lebih sepi dengan garis pantainya yang lumayan panjang. Sangat cocok jika Anda ingin melihat sunset yang indah.

Pasir putih di Pantai Srau Pacitan
Pasir putih di Pantai Srau Pacitan via panduanwisata

Di lokasi ketiga, sedikit berbeda dengan kedua lokasi sebelumnya. Hanya dipenuhi dengan batu karang dan berbukit, tanpa ada pasir putih yang menghampar. Namun, Anda masih bisa menikmati pemandangan laut lepas dari atas bukit.

baca juga: Pantai Klayar Pacitan, Pantai dengan Pemandangan Fantastis dan Unik

Ada juga terowongan yang terbentuk secara alami dari batu karang yang terkikis deburan ombak. Terowongan ini menambah keunikan di Pantai Srau Pacitan dibanding pantai-pantai lainnya.

Lokasi Pantai Srau Pacitan

Pantai Srau terletak di Dusun Srau, Desa Candi, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan. Bisa ditempuh kurang lebih 1,5 jam atau berjarak sekitar 25 km dari kota Pacitan dengan jalan kecil yang berkelok-kelok, dengan melewati desa-desa yang kebanyakan masih berumah gebyok (rumah kayu) namun jalan sudah diaspal cukup mulus. Selain turis domestik, wisatawan asing pun banyak yang mengunjungi Pantai Srau untuk mencoba sensasi berselancar yang menegangkan.

baca juga: Pantai Buyutan, Satu Lagi Pesona Pantai Alami yang Indah di Pacitan

Pantai Srau Jadi Spot Favorit Peselancar

Bagi para peselancar, ombak di Pantai Srau Pacitan memberikan sensasi yang menantang. Ada tiga spot yang harus dicoba jika ingin berselancar disini. Spot pertama, terletak di belakang portal tiket oleh karenanya sering disebut dengan The Portal. Spot kedua, adalah Pancingan. Spot ini berada di bawah bukit karang di sebelah barat pantai yang sering digunakan para nelayan untuk memancing ikan.

Dan spot ketiga adalah Pandan, yang terletak di balik bukit karang. Tetapi apabila Anda belum handal berselancar, jangan coba-coba berselancar disini ya. Karena di Pantai Srau, ombaknya besar dan pantainya cukup berkarang sehingga tidak dianjurkan bagi pemula untuk berlatih berselancar disini.

Tiket Masuk Pantai Srau Pacitan

Hanya dengan tiket Rp 5 ribu, Anda dapat sepuasnya menikmati keindahan panorama laut di Pantai Srau. Berbagai fasilitas sudah mulai dilengkapi oleh Pemerintah Kabupaten Pacitan. Sudah banyak warung atau rumah makan, musholla, dan kamar mandi yang tersedia di lokasi wisata. Jika ingin menginap sambil menikmati suara deburan ombak di malam hari, Anda bisa mendirikan tenda di atas bukit.