Pantai Soge Pacitan, Pantai Indah yang Mudah Dijangkau di JLS

Bagi Anda yang sering melewati rute Pacitan-Trenggalek, tentu Pantai Soge Pacitan selalu Anda jumpai. Berada di sepanjang Jalur Lintas Selatan (JLS), pantai ini memberi nuansa keindahan alam yang sangat sayang untuk dilewatkan. Pantai Soge ini terkenal sejak dibangunnya JLS yang menghubungkan kota Pacitan, Trenggalek, hingga tembus wilayah Jawa Tengah.

Pantai Soge yang terletak di pinggir jalan raya ini menjadi daya tarik utama di jalur ini. Suasana alamnya masih sangat alami, birunya laut sangat mempesona mata serta pemandangan alam disekitarnya sangat mencuri perhatian. Mata pun akan sulit teralihkan kalau sudah memandang keindahan pantai yang satu ini.

Lokasi Pantai Soge Pacitan, Jawa Timur

Pantai Soge terletak di 50 km sebelah timur kota Pacitan, tepatnya di Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo atau sekitar 30 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor. Dari kota Pacitan, ikuti arah jalan menuju Pasar Arjowinangun, ketika tepat di pos pasar, ambil arah kanan dan ikuti terus jalur utama Jalur Lintas Selatan.

Pantai Soge Pacitan
Pantai Soge Pacitan via Hadiprasojo

Segera ketika Anda sedang berkendara di jalur ini, hentikan sejenak kendaraan Anda kemudian parkir di tempat parkir dadakan yang ada disana lalu turun tepat melalui ujung muara sungai Soge. Jangan heran jika banyak pengunjung lokal yang menyempatkan waktunya berhenti sejenak untuk sekedar bermain pasir, bermain air, menikmati sejuknya angin laut atau bahkan hanya duduk di bawah pohon kelapa sambil menikmati es kelapa muda.

Selain duduk-duduk dan bermain pasir, pengunjung juga dapat berkeliling “danau kecil” dengan menggunakan speed boat yang disewakan nelayan setempat. Harganya relatif murah, hanya Rp 15 ribu pengunjung dapat mengitari danau tersebut beberapa kali putaran.

Danau ini terbentuk dari air laut yang tidak sepenuhnya kembali ke laut ketika fenomena air laut surut terjadi oleh karena terdapat gundukan pasir yang tinggi sehingga pasir putih ini membentang di tengah. Cukup menyenangkan bukan?

Jembatan Soge Pacitan

Ada juga objek lain yang tidak boleh dilewatkan di Pantai Soge Pacitan yaitu Jembatan Soge. Jembatan ini berdiri di jalan ruas Jalur Lintas Selatan. Konstruksinya sangat menawan dengan pipa melengkung di atasnya dan berbeda dengan konstruksi jembatan pada umumnya.

Jembatan Soge di Pantai Soge Pacitan
Jembatan Soge di Pantai Soge Pacitan

Dengan cat yang berwarna biru dibagian atas, sehingga masyarakat sekitar menyebut dengan Jembatan Biru Pantai Soge. Di sepanjang 50 meter jembatan ini, Anda dapat berfoto dengan berlatar Pantai Soge atau menikmati Pantai Soge melalui celah alur muara Sungai Soge.

Bagi yang hobi fotografi, selain spot di Jembatan Soge, Anda juga dapat mengeksplor tempat lain yang masih dalam kawasan Pantai Soge. Diantaranya, tanjakan melengkung di atas pantai, panorama puncak Puring, serta vegetasi yang berjejer di sepanjang Sungai Soge. Jika ingin lebih ekstrem, Anda bisa mendaki dan turun ke bukit Puring. Dari bukit Puring ini Anda dapat menjelajah keindahan pantai dari ketinggian.