Pantai Pasih Uug Nusa Penida, Broken Beach yang Tak Boleh Dilewatkan di Bali

Nusa Penida, Bali tak hanya memiliki keindahan mata air saja namun adapula keindahan PPantai Pasih Uug Nusa Penida atau Pasih Uwug. Pantai Pasih Uug memiliki keindahan yang berbeda yakni biasa disebut broken beach. Broken beach yang satu ini gak boleh Anda lewatkan.

Menurut bahasa Indonesia, pasih berarti pantai dan uug berarti pecah atau berlubang. Disebut broken beach sebab, terdapat sebuah tebing yang bagian tengahnya berlubang dengan ketinggian sekitar 50-200 meter. Bagian lubang tersebut mirip seperti terowongan yang berada di tengah laut.

Pantai Pasih Uug Nusa Penida

Lokasi Pantai Pasih Uug Nusa Penida

Pantai Pasih Uug Nusa Penida berada di Banjar Sumpang, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali. Lokasinya yang jauh dari pemukiman penduduk membuat Pantai Pasih Uug belum memiliki akses jalan yang memadai. Jalanan yang berbatu dan tanah harus Anda lewati jika ingin menikmati keindahan Pantai Pasih Uug.

Dari pusat kota Pelabuhan Buyuk, Anda memerlukan sekitar 1 jam untuk sampai ke Pantai Pasih Uug. Setelah itu, Anda akan melewati tanah tandus berbatu dengan sedikit tanaman hijau di sekitar jalanan. Perlu diketahui bahwa meskipun berpredikat “pantai”, nyatanya pasih uug tak memiliki daratan yang menjorok ke laut atau bibir pantai. Anda dapat melihat pasih uug dari atas ketinggian tebing.

Pantai Pasih Uug Nusa Penida

Jika Anda datang dari Sanur maka dapat ditempuh menggunakan speed boat sekitar 30-45 menit, sedangkan jika Anda berangkat dari Padang Bay dapat menggunakan kapal ferry dan jika berangkat dari Tanjung Benoa Anda dapat menggunakan speed boat. Namun perjalanan Anda baru sampai ke Pulau Nusa Penida. Dari Pulau Nusa Penida ke Pasih Uug dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor kurang lebih 1,5 jam.

Apa Saja yang Ada di Pantai Pasih Uug Nusa Penida

Pantai Pasih Uug Nusa Penida memiliki panorama pemandangan laut biru yang menawan dengan gugusan tebing-tebing hijau yang indah. Pantai Pasih Uug tidak terlalu banyak yang tahu dan keasriannya masih terjaga. Tak heran Pantai Pasih Uug mendapat predikat pantai yang tersembunyi.

Anda yang suka bermeditasi, sangat cocok memilih Pantai Pasih Uug. Lingkungan yang masih asri serta ombak yang tenang akan membuat siapapun merasa rileks. Belum lagi hembusan angin laut yang menambah kenyamanan Anda. Dan jika Anda beruntung dari atas tebing Anda dapat melihat sekawanan pari mata atau penyu berenang bebas di lautan.

 

Terdapatnya ikan pari mata dan penyu yang berenang bebas disebabkan Pantai Pasih Uug Nusa Penida merupakan rumah bagi beberapa biota laut dan spesies ikan. Dan terdapat pula jembatan alami yang berada tepat di atas lubang di tengah laut dan jembatan alami tersebut dapat dilalui loh! Mau mencobanya?

Untuk melalui jembatan alami ini, Anda wajib berhati-hati sebab tak ada fasilitas pengaman. Di samping kanan dan kiri jembatan alam hanya ada lautan lepas tanpa pegangan sama sekali. So, Anda yang tak punya nyali dan memiliki phobia ketinggian tak disarankan untuk melalui jembatan alam ini.