Pantai Muara Cipanarikan, Pesona Keindahan Pantai Tersembunyi di Ujung Genteng

Pantai Muara Cipanarikan merupakan salah satu wisata alam yang berada di Sukabumi, atau sebagian menyebutnya Muara Pantai Cipanarikan.  Tempat yang satu ini sebenarnya bisa Anda kunjungi menggunakan kendaraan roda empat maupun dua. Dengan catatan lokasi ini tidak sedang atau baru saja di guyur hujan. Karena ketika hujan melanda, maka daerah ini menjadi teramat sulit untuk di lalui.

Pantai Muara Cipanarikan

Keindahan Pantai Muara Cipanarikan

Keindahan Pantai Cipanarikan tidak bisa dipungkiri lagi, dengan pemandangan laut yang indah, ombak yang tinggi dan deras serta hamparan pasir halus membentang luas ditambah sungai hutan bakau melengkapi keindahan alam ditempat ini, membuat hati dan pikiran kita menjadi seperti nyaman, tentram damai dan rilex.

Keindahan Pantai Muara Cipanarikan

Akses Menuju Pantai Muara Cipanarikan

Akses Menuju Pantai Muara Cipanarikan wisatawan dihadapkan hanya oleh satu pilihan model transportasi yaitu ojek. Lebih seru lagi jika kita membawa motor sendiri dan ojek tadi cukup dijadikan guide di depan. Akses nya memang tidak (belum) terjamah oleh jalur jalan yang bersahabat. Jalur nya sendiri adalah menyusuri di luar pagar pembatas lokasi penangkaran pantai Pangumbahan. Disana pemotor akan dihadapkan oleh jalur tanah sepanjang pagar pembatas.

Akses Menuju Pantai Muara Cipanarikan

Lepas dari area Pangumbahan jalur berubah menjadi satu jalur dikelilingi tumbuhan dan kemudian masuk ke rawa. Jejak jalan bisa dengan mudah di ikuti karena hanya ada satu jalur saja disana. Jika ada genangan rawa menghadang jangan khawatir pemotor bisa langsung lewati saja karena kedalaman air masih bisa ditaklukan sepeda motor. Jalur dengan lumpur dan genangan masih akan dilewati beberapa kilometer ke depan sampai akhirnya bertemu dengan lokasi tempat tinggal penduduk. Lewat dari perumahan sederhana tadi barulah pemotor akan dihadapkan dengan akses masuk hutan. Jenis tumbuhan yang ada di sekeliling memang tidak saya ketahui jenisnya dan ini makin tambah seru karena lingkungan di sekitar adalah murni hutan dengan jalan yang masih alami. Hati-hati di beberapa titik agar tidak tersasar dan disanalah guide itu berfungsi

Fasilitas Pantai Muara Cipanarikan

Fasilitas Pantai Muara Cipanarikan

Fasilitas Pantai Muara Cipanarikan ini bisa dibilang cukup memadai serta pelayanan ditempat ini cukup memuaskan. Diantaranya adalah memiliki area parkir kendaraan beroda 2 dan beroda 4. Selain itu memiliki sebuah mushola yang dapat digunakan umat islam untuk beribadah. Disamping itu, mushola disini terawat dengan baik sehingga pengunjung dapat beribadah dengan nyaman

Lokasi Pantai Muara Cipanarikan

Lokasi Pantai Muara Cipanarikan

Lokasi Pantai Muara Cipanarikan Terletak di Gunungbatu, Ciracap, Sukabumi, Jawa Barat 43176 masih dalam rangkaian pantai di Pelabuhan Ratu, dibawah willayah Ujung Genteng.