Pantai Mengening Bali, Pantai Hening Dengan Pemandangan Layaknya Tanah Lot

Pantai Mengening Bali merupakan pantai berpasir hitam dengan lautan view Samudera Hindia. Serta tak ketinggalan pura yang terletak diatas bongkahan batu karang dengan ombak yang menghantam karang membuat nuansa yang lebih menarik. Mungkin, Anda akan berpikir jika Pantai Mengening mirip dengan objek wisata Tanah Lot.

Pantai Mengening Bali merupakan pantai yang sepi dan tenang sebab jarang dikunjungi wisatawan. Pantai Mengening berasal dari kata “hening” yang berarti sepi. Suasananya tersebut pun membuat pantai ini sangat cocok bagi wisatawan yang ingin mencari ketenangan.

pantai mengening bali
via xpresi

Daya Tarik Pantai Mengening Bali

Pantai Mengening memiliki spot sunset terbaik di kawasan Mengwi. Suasananya yang hening sangat ideal bagi Anda yang ingin menenangkan diri dan menginginkan suasana sepi sambil menikmati pemandangan. Waktu terbaik untuk mengunjungi Pantai Mengening adalah ketika senja atau sore hari, ketika sunset.

Sekilas, Pantai Mengening Bali mirip dengan Tanah Lot dimana terdapat pura yang terletak diatas bongkahan batu karang. Pura ini bernama Pura Gede Luhur Batungaus, untuk menjelajahi pura Anda cukup dengan berjalan kaki di jalan setapak atau jalan penghubung pura dengan pantai.

Batu karang yang di atasnya terdapat pura juga menjadi spot untuk memancing dan spot terbaik untuk melihat sunset. Selain itu, saat air laut surut dan ombaknya kecil disebelah pura, pegunjung dapat turun ke pantai melalui tangga-tangga yang ada pada dinding tebing. Namun, jika air laut pasang tidak disarankan untuk turun tebing karena berbahaya. Akan tetapi, jika air laut pasang Anda tetap dapat berkunjung ke Pura Gede Luhur Batungaus.

pantai mengening bali

Anda yang ingin photo pre-wedding juga tak perlu repot sebab ada beberapa fotografer di sekitar Pantai Mengening yang dapat Anda sewa jasanya. Berkunjung ke Pantai Megening tidak dikenai biaya masuk termasuk untuk parkir pun gratis. Oleh sebab itu, Anda tak akan menjumpai fasilitas di sekitar kawasan Pantai Mengening. Karena itu, Anda tak akan menjumpai kamar mandi, restoran maupun penginapan. Sehingga Anda siapkan perbekalan Anda dari rumah dan jangan lupa membuang sampah di tempatnya.

Lokasi Pantai Mengening Bali

Objek wisata Pantai Mengening Bali terletak di Banjar Mengening, Desa Cemagi, Kec. Mengwi, Kab. Badung, Bali. Dari Bandara I Gusti Ngurah Rai sekitar 25 km kemudian menuju ke arah wisata Tanah Lot sekitar 35 menit dengan berkendara. Perjalanan menuju Pantai Mengening tidak kalah menarik, hamparan pedesaan dan persawahan akan menemani perjalanan Anda. Mudah menemukan Pantai Mengening sebab jaraknya lumayan dekat dengan pusat pariwisata di kawasan Kuta, Seminyak dan Tanah Lot.

Cara Menuju Lokasi Pantai Mengening Bali

Anda yang menginap di kawasan Canggu, Kuta dan Seminyak dapat menggunakan kendaraan bermotor sebab jaraknya dekat dan hanya sekitar 30 menit saja. Sedangkan Anda yang puas berkunjung ke Pantai Mengening dapat mengunjungi objek wisata terdekat seperti Pantai Seseh, Pantai Nyanyi, Pantai Munggu, Pantai Canggu dan Tanah Lot.

Sama halnya tempat lain yang memiliki tempat ibadah, Pantai Mengening disakralkan oleh penduduk sekitar. Sehingga Anda yang datang berkunjung wajib menjaga etika dan kesopanan. Sedangkan Anda yang datang ke pura wajib berpakaian sopan.