Pantai Klayar Pacitan, Pantai dengan Pemandangan Fantastis dan Unik

Pantai Klayar Pacitan menjadi daya tarik yang banyak dikunjungi wisatawan dalam beberapa tahun terakhir. Selain karena keindahannya, pantai ini juga mempunyai keunikan lho. Salah satu keunikan yang ada di tempat ini adalah keberadaan seruling samudera.

pantai klayar pacitan 2
Ombak besar yang ada di Pantai Klayar Pacitan. Berani berenang dengan ombak segede ini? via Alipz33

Seruling samudera ini sebenarnya sebuah cekungan biasa yang terdapat pada pantai ini. Hanya saja, cekungan tersebut akan mengeluarkan suara layaknya sebuah seruling pada saat diterjang ombak. Tak hanya itu, seruling samudera ini pun juga akan menyemburkan air melalui celah-celah bebatuan yang ada di sekitarnya.

pantai klayar pacitan 3
Semburan air laut yang ada di Pantai Klayar Pacitan via Blogger

Keunikan Pantai Klayar Pacitan tak hanya pada keberadaan seruling samudera. Di sini, para traveler akan bisa melihat keberadaan tebing yang mempunyai bentuk sangat mirip dengan patung sphinx yang ada di Mesir. Bagi pengunjung pantai yang ingin naik ke tebing, harus berhati-hati. Selain karena kondisi curam, pantai ini juga mempunyai ombak yang gede.

Pantai Klayar Pacitan ombaknya besar

Seperti halnya pantai lain di pesisir selatan Pulau Jawa, Pantai Klayar Pacitan merupakan pantai dengan ombak yang besar. Bahkan di tempat ini, ombak yang menerjang batu karang bisa mencapai ketinggian 10 meter. Oleh karena itu, para traveler pun diimbau untuk tidak berenang di pantai ini. Bahaya untuk keselamatan.

Meskipun tak bisa berenang, para traveler tidak akan rugi kalau berkunjung ke sini. Terlebih jika datang ke tempat ini pada sore hari. Para traveler pun akan bisa menyaksikan pemandangan matahari terbenam yang indah. Batu karang besar dengan pohon kelapa yang ada di pinggir pantai menjadikan tempat ini sebagai sebuah pantai yang eksotis.

Transportasi minim

Hanya saja, para traveler harus berjuang ekstra untuk menuju ke pantai ini. Tidak seperti halnya sebuah destinasi wisata populer, tempat ini tidak mempunyai akses transportasi umum. Sebagai gantinya, traveler pun harus menuju ke tempat ini dengan menggunakan kendaraan pribadi, baik roda empat ataupun roda dua. Meskipun begitu, kondisi fasilitas yang minim ternyata tak membuat minat traveler sepi lho. Bahkan popularitas tempat ini pun semakin meningkat berkat seringnya foto Pantai Klayar Pacitan yang menghiasi timeline jejaring sosial.