Pantai Kelingking Nusa Penida, Pantai Unik dan Mempesona yang Mampu Menyihir Siapa Saja

Pantai Kelingking Nusa Penida merupakan salah satu pantai yang terletak di kawasan Pulau Nusa Penida, Bali. Pantai Kelingking terkenal akan spot diving yang indah dan berbeda. Tak hanya itu, tebing unik di ujung pantai juga menjadi objek foto yang wajib diabadikan.

Siapapun yang datang berkunjung ke Pantai Kelingking Nusa Penida pasti akan terpukau dengan keindahan panorama alamnya. Mulai dari gugusan tebing dan batu karang hingga birunya laut serta deburan ombak yang menghantam batu karang. Nama Pantai Kelingking terinspirasi dari ujung tebing yang menjorok ke laut berbentuk kecil layaknya jari kelingking.

Pantai Kelingking Nusa Penida
via rodadanroti

Lokasi Pantai Kelingking Nusa Penida

Pantai Kelingking berada di Desa Bunga Mekar, Dusun Karang Dawa, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Nusa Penida, Bali. Namun, lokasinya yang berada di tengah laut membuat Pantai Kelingking jarang dikunjungi wisatawan dan fasilitas yang diberikan belum lengkap dan memadai. Dan untuk mencapai puncak tebing Pantai Kelingking, Anda membutuhkan usaha ekstra dan hati-hati.

Anda dapat menuju Pantai Kelingking dapat ditempuh dengan perjalanan laut dari Pantai Sanur maupun Padang Bay. Jika Anda datang dari Padang bay, Anda dapat menggunakan kapal feri dengan biaya Rp.30.000 per orang atau speed boat dengan Rp.45.000. dan dapat ditempuh kurang lebih satu jam perjalanan menuju Nusa Penida.

Pantai Kelingking Nusa Penida
via bucketlistbali

Jika Anda datang dari Pantai Sanur, maka menuju Nusa Penida memakan waktu kurang lebih 1,5 jam perjalanan laut. Dari Pantai Sanur, Anda dapat menggunakan perahu tradisional dengan biaya Rp.40.000 per orang. Sementara perjalanan dari Nusa Penida ke Pantai Kelingking memakan waktu kurang lebih 45 menit dengan berkendara.

Pantai Kelingking Nusa Penida hanya pantai dengan garis pantai tak begitu panjang dan lokasinya berada di bawah tebing sehingga tak ada akses menuju pantai. Namun, Anda tetap melihat keindahan alam dari atas tebing dan menikmati olahraga air dari atas speed boat.

Aktivitas yang Dapat Dilakukan Di Pantai Kelingking Nusa Penida

Selain berenang, Anda dapat menyelam di spot yang terkenal seperti Manta Point. Manta Point adalah spot diving yang terkenal dari Pantai Kelingking dimana Anda akan diving atau menyelam bersama ikan Pari Manta. Manta Point sebenarnya ialah jalur Ikan Pari Manta untuk mencari makan dan di Nusa Penida merupakan lokasi tempat hidup spesies Ikan Pari Manta.

Tak hanya olahraga air, Anda juga dapat melakukan keiatan alam lainnya seperti camping. Yah, camping di Pantai Kelingking Nusa Penida awalnya hanya karena tidak adanya fasilitas penginapan sehingga wisatawan memilih untuk berkemah saja. Namun, justru kegiatan berkemah ini banyak dipilih wisatawan untuk menghabiskan liburan di Pantai Kelingking. Selain itu, wisatawan yang memilih berkemah bertujuan untuk melihat sunset maupun sunrise.

Memasuki objek wisata Pantai Kelingking, Anda tak akan dikenai biaya masuk alias gratis. Perjalanan Anda yang cukup jauh dan melelahkan akan terbayarkan dengan keindahan Pantai Kelingking. Anda yang datang berkunjung ke Pantai Kelingking, tak jauh dari lokasi terdapat pantai yang tak kalah cantik yakni Pantai Paluang.