Pantai Karang Bolong Pacitan, Pantai Unik dengan Karang Berlubang

Nama Pantai Karang Bolong memang bisa dijumpai di berbagai tempat. Salah satunya adalah Pantai Karang Bolong Pacitan beberapa orang menyebutnya memiliki pemandangan mirip dan tidak kalah dengan suasana di Uluwatu Bali. Di tempat ini, para pengunjung akan memperoleh suguhan berupa batu karang berlubang yang terbentuk karena hantaman ombak ganas Laut Pantai Selatan.

Pemandangan di Pantai Karang Bolong Pacitan ini memang sangat unik. Di pantai ini, pengunjung akan mendapati sebuah tanjung atau tebing yang menjorok ke arah lautan. Pada bagian bawah tebing itu, terdapat lubang yang berukuran cukup besar. Lubang ini terbentuk secara alami karena hantaman ombak laut di Pantai Selatan Pulau Jawa yang terjadi secara terus menerus.

Pantai Karang Bolong Pacitan
Pemandangan Pantai Karang Bolong via drone

baca juga: Pantai Teleng Ria Pacitan, Destinasi Wisata Populer di Jawa Timur

Di tempat ini, para pengunjung akan bisa memperoleh foto pemandangan yang sangat menakjubkan. Sayangnya, pengunjung hanya diperbolehkan berfoto-foto atau bisa pula duduk sembari menyaksikan keindahan pantai. Ombaknya yang ganas membuat tempat ini sangat berbahaya. Jadi tidak heran kalau para pengunjung dilarang untuk berenang di Pantai Karang Bolong Pacitan ini.

Pantai ini juga bukanlah pantai berpasir. Jadi jangan harap bisa bermain pasir di sini. Sebagai gantinya, terdapat air terjun yang ada di pinggir pantai. Hanya saja, air terjun itu terbentuk secara musiman. Para wisatawan akan bisa menyaksikan keberadaan air terjun itu pada saat berkunjung ke tempat ini pada musim hujan, saat debit air tengah tinggi-tingginya.

Pantai Karang Bolong Pacitan-2
Sunset di Pantai Karang Bolong Pacitan via Flickr/Ricky Martin

Lokasi Pantai Karang Bolong Pacitan

Pantai Karang Bolong ini terletak di Desa Sendang yang termasuk dalam wilayah Kecamatan Donorojo di Kabupaten Pacitan. Lokasi pantai ini tidak begitu berjauhan dengan Pantai Klayar. Jadi, pengunjung yang tengah plesir ke Pantai Klayar, bisa pula menyempatkan waktunya datang ke tempat ini.

baca juga: Pantai Klayar Pacitan, Pantai dengan Pemandangan Fantastis dan Unik

Cara Menuju Pantai Karang Bolong Pacitan

Tidak ada sarana transportasi umum yang bisa digunakan kalau ingin menyaksikan keindahan Pantai Karang Bolong di Pacitan, Jawa Timur ini. Sebagai gantinya, Anda bisa memilih untuk menggunakan sepeda motor ataupun mobil pribadi. Rute untuk menuju ke tempat ini juga tidak terlalu sulit, karena notabene sama dengan rute menuju Pantai Klayar yang merupakan salah satu pantai tersohor di Kabupaten Pacitan.

Pengunjung bisa menyusuri jalur antara Pacitan menuju ke Solo. Di tengah perjalanan, bisa mengikuti papan petunjuk menuju Goa Gong. hingga sampai di Pantai Klayar. Pintu masuk menuju Pantai Karang Bolong Pacitan ini berada tidak jauh dari Pantai Klayar. Tinggal belok kanan, maka Anda akan bisa sampai di lokasi pantai indah ini.