Pantai Jogan Gunungkidul, Kombinasi Pantai dan Air Terjun Cantik di Yogyakarta

Datang ke Pantai Jogan Gunungkidul, bisa menjadi pilihan untuk menghabiskan waktu liburan Anda. Tak hanya unik namun juga memesona. Itulah yang nampak pada Pantai Jogan. Keunikannya terletak pada sebuah air terjun yang aliran airnya langsung jatuh ke laut. Keren!

Pantai Jogan yang berada di wilayah Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta ini memang menyajikan keindahan yang tak terbantahkan. Aliran air terjun dari ketinggian tebing makin menambah eksotik pemandangan yang tercipta.

baca juga: Pesona Gunung Api Purba Nglanggeran Yogyakarta, Gunung Api Cantik di Gunungkidul

Pantai Jogan Gunungkidul
by Apri Yanto

Keistimewaan Pantai Jogan Yogyakarta

Dua keindahan fenomena pantai plus air terjun di Pantai Jogan ini menjadi surga tersembunyi yang mampu mengusir kepenatan jiwa. Air terjun dengan ketinggian sekitar 10 meter ini berair tawar yang segar. Indahnya tampak kian kentara tatkala aliran airnya langsung mengucur deras dari tebing menuju ke batuan karang di laut.

baca juga: Air Terjun Luweng Sampang, Wisata ala Grand Canyon Mini di Gunungkidul Yogyakarta

Kontur Pantai Jogan tidak berpasir putih halus namun berbatu karang disertai dengan hempasan ombak laut yang ganas. Jadi jangan harap dapat bermain pasir ataupun berenang santai di pantai ini. Namun meski tak bisa berenang, Anda bisa menikmati keindahan dengan bermain di bawah guyuran air terjunnya.

Pantai Jogan Gunungkidul
by prasetyohery

Menikmati keindahan air terjun dan Pantai Jogan Gunungkidul semakin seru dengan cara ekstrem yang digunakan untuk menuju bawah air terjun. Anda bisa melewati jalanan terjal berbatu atau menggunakan tali seperti perlengkapan panjat tebing. Yang perlu diperhatikan adalah jangan turun ke bawah ketika air laut sedang pasang, karena sangat membahayakan. Berani mencoba?

Pantai Jogan Gunungkidul
by Dodo Wikanto

Keindahan Pantai Jogan Gunungkidul plus air terjunnya tak cukup dinikmati dengan hanya dipandang mata telanjang. Mata kamera Andapun harus menangkap setiap inci dari keindahan Pantai Jogan dengan seksama. Oleh karenanya, jangan biarkan kamera Anda nganggur di saku aja ya. Ambil foto terbaik dengan latar alam pantai ditambah air terjun eksotis di Pantai Jogan ini.

Cara Menuju Lokasi Pantai Jogan Gunungkidul

Menuju Pantai Jogan Gunungkidul dapat ditempuh dalam sekitar 2-2,5 jam perjalanan dari Yogyakarta. Meski cukup jauh namun rasa capai yang Anda keluarkan akan terbayar lunas saat menatap keindahan pantai cantik ini.

Pantai Jogan Gunungkidul
by Kunto Widjoyo Ndanu

Sepanjang perjalanan dengan hijaunya pepohonan juga menjadi teman yang setia menemani. Akses jalan sudah tertata dengan baik. Asyiknya lagi, Anda cukup membayar Rp 2.000 sebagai biaya restribusi parkir sepeda motor. Yuk, segera atur jadwal liburan Anda ke Pantai Jogan untuk memuaskan jiwa Anda yang haus akan keindahan alam.